Kutukan Go To Got dan Sepatu Ajaib



                Ini cerita gue tentang sepatu gue yang ajaib. Kejadian ini gue alami waktu gue SMA. Dulu gue ceritanya punya sepatu merk S**** yang sekarang terkenal untuk sepatu orang futsal. Sepatu yang diklaim ama temen-temen sekelas gue “sepatu tipis berasa ga pake sepatu” ini yang sukses menjebloskan gue dan temen-temen gue masuk dalam kutukan ini.
                Seperti biasa, pagi itu gue ama kakak gue berangkat ke sekolah SMA gue dengan dianter ama nyokap gue, berhubung jalanan macet gue dan kakak gue pun diturunin di pinggir jalan kurang lebih 100 meter dari gedung sekolah gue. Waktu itu gue jalan dibelakang kakak gue, si bimo kayak biasanya. Gue ngeliat jalanan yang macet dan penuh dengan mobil-mobil itu dihiasi dengan sebuah galian besar yang memakan badan trotor, dan otomatis gue bingung mau lewatnya gimana. Gue ngelirik si bimo, dengan cakap dia melompat ke pinggiran got dan berjalan dengan cara mlipir, karna ini satu-satunya cara supaya kita bisa jalan dan nggak ketabrak mobil. Gue pun langsung mengulurkan kaki kiri gue, gue ambil posisi kuda-kuda buat ngelompat dan gue pun melompat dengan indahnya.
JLEBBBB….kaki kanan gue sukses mendarat di pinggiran got…
Mendadak gue hilang keseimbangan dan SROOOKKK….
Kaki kiri masuk ke dalam got yang warnanya hitam pekat….
Gue pun langsung pegangan pager di pinggir got dan berusaha narik kaki kiri gue yang udah terbenam ke dalam got..Niatnya sih mau naik tapi apa daya, kaki kanan gue kepleset dan gue pun sukses masuk got. Oh my God…Mungkin gue sih nggak masalah dengan kaki dan sepatu gue yang udah berubah warna jadi item semua…tapi masalahnya adalah gue jatuh tepat di depan warung yang jadi markasnya orang-orang beken di sekolah gue…gue malu banget….(kemana bimo???dia udah jauh jalan di depan dan kagak tau kalo adeknya masuk got). Dengan berpegangan pager, gue jalan merambat-rambat dibarengi dengan tatapan bengong orang-orang di markas itu.
                Dengan malu gue harus jalan dengan sepatu dan kaki yang berlumuran lumpur hitam, gue buru-buru nyebrang dengan malu. Gue nggak mau ngeliat kanan kiri, mendadak ada yang memanggil gue
“Nad, tungguin gue…” teriak temen gue dari arah belakang
Gue buru-buru kabur tanpa noleh. Rasanya udah ga punya nyali lagi buat jalan di jalanan macet itu (BUNUH GUE…..BUNUH GUE)….
“ih lo sombong amat sih dipanggilin juga, lo ngapain ke sekolah pake sepatu boots?”
Idung gue megar kaget, sejak kapan gue ke sekolah pake sepatu boots emang mau ke pasar ikan
“Ha??”
“Tuh sepatu lo?!”
WTH..lo becanda apa lo emang kampret dan menggenapi kesialan gue?
“Gue masuk comberan kali”
Temen gue cengok…”Gue pikir sepatu boots yang sampe lutut itu”
MATA LO SOEK….
Yang jelas gue tinggalin aja temen gue yang rabunnya kelewatan. Gue mengendap-ngendap nyari WC paling deket ama gerbang. Entah berapa galon air gue pake buat nyiram tuh pekatnya comberan yang nempel di kaki gue. Dan tragedi itu sukses bikin gue harus seharian nyeker di kelas demi keselamatan hidup gue dari serangan masuk angin (lebay)
Kesialan gue nggak sampe disitu aja, ternyata hari itu adalah hari “pindah bangku”.Pindah bangku adalah gue harus pindah tempat duduk dan berganti pasangan setiap 2 minggu sekali. Dan ternyata gue harus duduk di bangku paling depan dekat meja guru. Ya ga usah ditanya lagi, jelas guru-guru yang ngeliat “kecekeran” gue pasti selalu bertanya dan gue pun harus berulang-ulang menceritakan kejadian memalukan itu di depan kelas…damn..
Gara-gara itu, mendadak ada seorang guru gue (sebut saja) Ibu Dari yang tertawa membahana di kelas ngedenger nasip gue. (Gue nggak pernah ngelupain elo, bu). Dengan raut muka memerah sambil matanya mbrebes mili Bu Dari berceloteh dengan logat jawa kentalnya  “Ya kamu sih lha yo aneh, kok iso masuk got” lalu dibarengi dengan bunyi ketawanya yang melengking dan semakin dekat di kuping gue (kuntilanak kali :p )
Semenjak berhembusnya kabar tentang sepatu gue yang ringan, super gaol, dan kalo dipake berasa ga pake sepatu mendadak banyak anak di kelas gue pada beli sepatu yang sama persis kayak punya gue. Seharusnya mungkin waktu itu gue bisa digaji jadi SPG sepatu itu. Salah satu temen sekelas gue yang beli sepatu ini namanya (sebut saja) Ninit. Dan setelah kejadian Bu Dari yang mungkin sudah ngompol ngetawain gue, si Ninit adalah orang kedua yang ngetawain gue abis-abisan waktu jam istirahat. Reaksi gue??ya Cuma bisa pasrah kepada Allah SWT semoga mereka ditunjukkan jalan yang benar.
Menjelang pulang sekolah, gue sengaja nyuruh bokap nyokap gue buat jemput. Gue nggak siap kalo gue harus naek angkot berkilo-kilo meter tanpa sepatu, bisa-bisa gue dikira satu RT sama tarzan yang lagi mampir ke kota. Di tengah-tengah sesi menunggu jemputan, mendadak gue ketemu (sebut saja) Nana yang memergoki gue ga pake sepatu “Lo ngapain nenteng sepatu?”…dengan polos dan pasrahnya gue mengulang cerita memalukan ini entah untuk keberapa puluh kali. Mungkin kalo jaman dulu udah ada facebook atau twitter mungkin gue akan bilang “lo baca aja status di FB gue atau lo ngikutin TL gue aja”…dan ternyata reaksi Nana tak lebih parah dari Bu Dari dan Ninit….ya sudahlah mungkin emang nasip gue hari itu jadi penghibur bagi orang lain.
2 HARI KEMUDIAN
Waktu jam istirahat, gue asik leyeh-leyeh di kelas, mendadak ada temen gue nyamperin gue “eh si Ninit jatoh tuh di depan gerbang sekolah, tuh dia lagi di WC bawah”. Buru-buru gue ke WC di lantai 1 dan sambil ngebantuin Ninit yang lutut dan betisnya luka-luka tergores.
“lo ngapain kok bisa jatuh? Lo nyebrang sambil salto?”
“Huhuhu..gue tadi abis nyebrang baru mau masuk gerbang eh gue kepleset terus masuk got deh”
Phmmpt….gue nahan ketawa…(got lagi?)
“Lo mau ngetawain gue ya?Duhh gue jadi nyesel nih kemaren ngatain lo waktu nyemplung got, mana gue parah lagi sampe luka-luka gini. Maaf ya”
1 HARI SETELAH 2 HARI KEMUDIAN
Sekali lagi gue yang lagi leyeh-leyeh di kelas sambil tiduran di meja kelas tiba-tiba dikagetkan dengan kedatangan si Nana. “Nad, gue pinjem sepatu lo ya. Gue denger kan sepatu lo enak buat lari. Abis ini jam pelajaran olahraga nih kelas gue, lagi mau ujian lari. Entar pas balik, gue balikin sepatu lo. Buat sementara lo pake aja sepatu gue. Oke?” dan kemudian tergondol-lah sepatu gue di kaki si Nana.
Jam pulang sekolah
Gue nungguin Nana, terutama gue nunggu sepatu ajaib gue. 10 menit baru Nana nongol dari arah kelasnya terus menghampiri gue sambil senyum-senyum ga jelas, pasti ada maunya. Tapi yang jelas, dia pasti ga minta uang jajan ama gue.
“Nad, sori ya sepatu lo lecet,terkelupas dikit”
Gue ngamatin sepatu gue yang boleh dibilang robek dikit…
“tapi tenang,gue udah lem lagi kok sepatunya. Tuh udah keliatan kayak sepatu baru kan.hehheheh”
****************MASANG MUKA PASRAH SEPASRAH-PASRAHNYA******************
“emang kenapa sepatu gue?”gue pun penasaran
“Iya tadi abis ujian lari, gue kan maen volly terus tuh bola ngegelinding deh, ya udah gue kejer, eh gue kepleset dan masuk got. Untungnya tuh got ada besi jaring-jaringnya jadinya gue nggak nyemplung deh, tapi sepatu elo deh yang nyangkut di besi-besi itu…hehehheh”
WHAT got maning gitu?? (gue harus bilang WOW ga ya??)
3 HARI SETELAH 3 HARI KEMUDIAN
Kaki kiri gue yang baru ngelangkah ke lantai 2 mendadak disambut ama temen-temen sekelas gue “eh lo tau nggak sih?” ucap temen gue sambil idungnya kembang kempis yang mengisyaratkan kalo dia nepsong banget pengen ngegosip.
“Kemaren pas pulang sekolah,pas macet-macetnya depan sana, Bu Dari masuk got lho?”
“Haaa???”gue nggak bisa bayangin Bu Dari masuk got
“iya, gue sih juga nggak tau kenapa sebabnya dia masuk got, tapi yang jelas dia salto beberapa kali terus guling-guling masuk got. Terus mukanya bengkak, giginya lepas 2. Makanya entar pelajaran dia kosong”
Gue merenung….iya merenung semerenungnya..ga bisa bayangin Bu Dari yang hobi nyibakin rambut ala iklan shampo bisa salto dan guling-guling,,,,emejing…..ga tau gue mau ketawa apa malah ngasih beliau pukpuk-an gratis sambil bilang “impas bu, kita senasip” sambil ngajak salim
Yang paling gue heranin dari beberapa kejadian ini adalah kenapa semua orang masuk got dan kenapa juga orang yang ngetawain gue harus ngerasain kejeblos got juga dan kejadiannya lebih parah. Mungkin dapat diambil hikmah kalo sebaiknya kita tidak menertawakan nasip temen-temen yang kurang mengenakan sebelum kejadian yang tidak mengenakan itu berbalik ke kita…so Jagalah hati ala aa’ Gym ya…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur