Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

“gue harap bisa dapet pacar di sini…”

                Kalo ditanya apa alasan gue masuk jurusan Teknik Sipil, sebenernya gue juga bingung ngejawab atau dengan singkat kata gue bakal jawab “gak tau” atau kalo gue pengen sok rohani dan sok cool, gue bakal ngejawab “ini takdir gue” (ciee..). Mendadak kalo gue denger pertanyaan ini gue kayak amnesia dadakan, yang jelas walaupun gue masuk jurusan dengan tanpa alasan gue berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan dalam waktu 3,5 tahun (lumayan deh…). Tapi kalo ditanya apa aja yang gue pelajari waktu gue kuliah, dengan sangat mengecewakan gue bakal ngeles “ehmm…itu…anu..itu lho…masa ga tau…duh ngantuk nih” . Rasanya otak gue kayak nggak ada isinya, maklum gue sering banget lupa dengan hal yang sudah  berlalu (ngelesss…)

# Ini Pendidikan Gue Bukan Mimpi Gue
                Seumur idup, gue nggak pernah bermimpi buat masuk ke jurusan ini. Jangankan bermimpi, gue aja waktu SMA nggak tau apa yang dimaksud teknik sipil. Gue kira jebolan teknik sipil bakal kerja di kantor catatan sipil yang entar ngetik-ngetik gitu, eh ternyata bukan.
                Dari SMP gue selalu bermimpi menjadi penulis atau kru di sebuah stasiun televisi, tapi yah apa daya mimpi gue ditentang habis-habisan ama eyang gue, dan akhrinya dengan sangat sukses gue kejeblos di jurusan teknik sipil.

#Berharap Dapet Cowok!!Amin
                Mungkin bukan Cuma gue yang berharap dapet gebetan atau cowok di jurusan ini, termyata ada beberapa cewek di jurusan gue yang berharap yang sama. Tapi apa yang terjadi? Boro-boro gue dapet gebetan, yang ada bisa-bisa gue jadi lesbong karna setiap gue nongkrong ama temen-temen gue yang notabene adalah kaum adam pasti ngebahas cewek entah si ini atau si itu.
                Di jurusan ini, hampir 90 % itu adalah cowok, sedangkan jumlah cewek bisa diitung pake jari dalam tiap kelasnya. Di sini bisa nemuin banyak banget tipe cowok, mulai cowok yang profesinya dancer (yang kalo ke kampus selalu kalungan selendang sambil sesekali joget-joget waktu nunggu jam kuliah), cowok yang ketombenya segede salju, cowok yang jarang mandi, cowok yang pakai baju selalu sama ditiap harinya bahkan cowok-cowok metroseksual yang jadi artis figuran. Dan kecenderungan sifat mereka semua adalah selalu sama yaitu cuek, tapi coba deh kalo ada cewek bening yang masuk kampus, tuh bibir cowok-cowok dah monyong keasikan nyuit-nyuitin cewek itu.
                Sedangkan cewek sipil memiliki kecenderungan memiliki sisi tomboy, yang kalo ke kampus gaya maksimal adalah dengan sepatu kets, kemeja dan celana jins. Yang jelas dress code ini udah kayak dipatenkan, jangan harap bisa pake rok di kelas tanpa diketawain. Gue nggak tau sih kenapa cowok-cowok kayaknya pada heboh kalo cewek-cewek berubah berpenampilan menjadi “cewi” waktu ke kampus. Pernah nih kejadian waktu gue njajal pake bedak dan eye liner, sumpah heboh banget jadinya temen-temen gue
                “Lo putihan deh,lo pake tepung??”
                “Mata lo iteman deh,lo kurang tidur??”
                “Lo habis dipukul orang ya?”
                Berhubung banget yang ngomen nggak penting gitu, yang jelas gue langsung masuk WC nyuci muka dan besok-besoknya gue nggak pernah lagi make up an ke kampus.
                Ada beberapa cowok yang kayaknya sebel banget temen ceweknya yang ke kampus pake high heels. Kesannya kayak mau nyambit pake pena. Ya secara,mau nggak mau hampir semua high heels selalu mengeluarkan suara cetak cetok yang dianggap para kaum adam itu berisik banget.

#Lo Gembel = Lo Gaul
                Sempet sih waktu awal kuliah, gue bingung dengan style gaya berbusana di kampus gue yang cenderung cuek. Kata orang, gaya anak teknik itu selalu cuek, nggak rapi karna nggak mikirin gaya busana hanya memikirkan tugas dan otak mereka (bener tau kagak gue nggak tau juga…). Yang jelas setelah masuk di kampus teknik, mata gue mendadak silau, gue bisa nemuin banyak banget gaya berbusana orang. Mulai dari ada cewek yang rambutnya di cat warna blonde dengan jepitan rambut warna warni dengan mata yang diberi eye liner biru dan pensil alis berwarna coklat, sempet gue kira itu orang gila tapi ternyata bukan (upss maaf). Ada juga cowok yang rambutnya panjang tergerai hingga pinggang, dengan celana cut bray membungkus kaki kecilnya, baju berbahan kaos yang melekat mempertunjukan lekukan tubuhnya, menggunakan aksesoris kalung atau gelang bebatuan, dengan tas dari anyaman akar berbentuk jaring yang ditambah gantungan kunci berbentuk taring dan ke kampus menaiki motor vespa, kesannya nih cowok kayak keluar dari mesin waktu dari jaman mana gitu. Atau ada juga cowok-cowok fitnesan yang badannya gede  dengan 2 lengan tangannya yang susah ditutup jadilah kalo berjalan kayak di film terminator. Ada lagi cowok yang jalannya ngangkang kayak penganten sunat yang celannya gombrong sambil mengendarai motor 2 tak yang bunyinya trong tong tong dengan knalpot asap yang lebih mirip terbuat dari kaleng susu. Dan ada juga cowok yang pake polem (poni lempar) labil dengan dalih menutupi kebotakan dini yang sudah terjadi.
                Dan yang paling juara diatara gaya-gaya aneh ini adalah style gembel. Style dimana memakai sepatu belel nan kotor dan compang camping, spatu convers dengan jumlah jahitan melebihi jahitan ibu-ibu bis lahiran, sweater / jaket buluk yang entah punya sapa dan diluncurkan di tahun berapa, celana robek dan rambut gondrong geje yang nggak pernah disisir. Walaupun di dunia luar (luar kampus gue) gaya gini bakal diliat sebelah mata tapi kalo di kampus, bakal keliatan kalo gaul banget. Tingkat kebelelan yang dipakai mempengaruhi seberapa gaulnya lo. Ibaratnya kayak sebuah ikatan antara sekolah dan seragam gitulah style berantakan dengan kampus teknik. Justru bakal aneh kalo pakai baju rapi atau rambut klimis dateng ke kampus, bakal diketawain dan dikira mau kondangan.

Komentar

  1. tapi,kalo PPL nya ada ga tuw??
    pelajarannya sulit-sulit ga sih??
    katanya cewe ga pantes di jurusan tu...tapi byk juga cewe pada minat ke ne jurusan..
    klo managemen konstruksi itu gmana??

    BalasHapus
  2. sori baru sempet bales..
    PPL kalo tempat gw sih namanya Kerja Praktek di proyek gitu...
    kalo masalah pelajaran sih relatif..tergantung lo minat dimana..selama lo suka hitungan dan logika,,,ya asik2 aja...ehhehe

    banyak juga kok cewek yang masuk sipil,,dari mulai karna kecemplung (kayak gw) sampe jatuh cinta beneran...hehehe

    kalo menkon itu ya ttg managemen, ttg keuangan...ttg RAB dll gitu...

    BalasHapus
  3. Teknik sipil n'tuh jurusan yg menurut ane prospek kedepannya cerah yah walaupun diwaktu kuliahnya otak dah kaya mau pecah tapi ya mau gimana lagi mau sukses yah mau susah.. Tp ane setuju tuh curhatan nya sist gitulah garis besarnya dunia teknik tapi suasana seperti itu ga ada dijurusan lain ;), atu lagi anak teknik kalo dah galau cintah suka lama move on walaupun garang" penampilannya hahahaha

    BalasHapus
  4. Hahahaha bener...ternyata cowok lebih galau dibanding cewek
    Tapi 1hal yang boleh diacungi jempol buat cowok teknik...yaitu mereka care dengan temen cewek...takut kali ya biota cewek abis di kampus :p

    BalasHapus
  5. cewek teknik itu ibarat mahkota yang harus dijaga............ :-D
    di kampus gue cuma ada 2 fakultas,:
    1.Fakultas TEKNIK
    2.Fakultas LAIN - LAIN

    BalasHapus
  6. Duh jadi tertarik ke teknik sipil deh. Gak tau kenapa baca ini jadi kepengen banget masuk teknik sipil. Tapi emang bener ya kak cewe di teknik sipil bisa di itung jari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Farah, salam kenal....
      makasih udah baca ini...
      ayoo masuk teknik sipil...walaupun mungkin sekelas cuma 5 cewek, tapi asik kok :)

      Hapus
  7. salam dari Teknik Perkapalan gan

    BalasHapus
  8. kalo mau masuk teknik sipil ,terus d tanyain cita cita mau jadi apa ,jawab nya apa ya ?
    saya tertarik dengan teknik sipil ,krena saya suka hitung2an dan logika. tapi bingung kalo di tanyain cita cita nya apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mayà salam kenal,
      sebenernya dunia teknik sipil itu luas, bisa jadi apa aja...
      mungkin klo ditanya cita-cita pasti blm jelas, jadi mending dijawab dengan kamu mau kerja dimana. Misal mau kerja di PU ,PDAM, atau kontraktor...
      gitu....:)

      Hapus
  9. hai, kak sumpah aku tu tertarik sama teknik sipil sebenernya. Tapi, kadang suka minder sendiri gitu pas di tanya orang tua " yakin mau sipil?" atau " kalo mau sipil mau jurusan apa?" situ aku suka bingung. Aku mau sipil tapi aku gak tau bakal pilih jurusan apa...

    BalasHapus
  10. ka prospek/jabatan apa aja yang bisa di tempatin sama cewe?

    sekalian kasih tau dong ka goals kaka ntar jadi apa?

    thanks ka, aku bingung abis soalnya.

    BalasHapus
  11. Sipil itu keren..peluang kerja gada matinya..asal belajarnya sungguh2 ya..di kalsel univ. lambung mangkurat..teknik sipil cowok cewek udah sebanding jumlahnya..bnyak peminat ceweknya..

    BalasHapus
  12. Stlah bca ini aku jdi lbih smngat pngen msuk tknik sipil..
    tpi ka suka minder jga klo d tnya ortu " bneran yakin mau msuk tknik sipil??"
    trus klo udh gitu gmna dong ka , tkut juga pas kuliah gak bisa nguasain materi d jurusan ini, trus klo da llus teknik sipil bisa kerja dmna aja ka??
    mhon sarannya dong ka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal.. :)
      Ada baiknya kamu kuliah sesuai keinginan,bakat dan kemampuan kamu ya :)
      Supaya ga nyesel nanti
      Kalo masalah kerjaan sih bisa dimana aja dan jadi apa aja kok
      Sipil itu fleksibel
      Bisa di mall,bisa di pemerintahan, perumahan, majalah, pertambangan, bank, perminyakan dll
      Semangat ya :)

      Hapus
  13. kak sekarang udah cari kerja apa blm? byk yg bilang cewe sipil susah diterima nih:((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai..
      Wah kalo sekarang aku ga kerja.
      Aku full jadi emak2 dirumah hehehe
      Ga juga kok, temenku yg cewek rata2 kerja semua

      Hapus
  14. jangankan 5 bahkan ada yang cuma 2 orang wanita dalam 1 kelas di teknik sipil (gabung ya) :D
    menurut ku kalo kamu mau prospek yang idealis harus konsisten dari sekarang, kuasain materinya diimbangin sama pengalaman dilapangannya (teknisnya). jadi stlah lulus udh punya gambaran kerja di bidang sipil.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Ka,aku boleh minta saran nih. Aku juga baru lulus tahun ini dan daftar di universitas dan ambil teknik sipil. Aku punya kakak cowo yg marah tiba² karna tau aku ambil tehnik sipil. Katanya yakin nih ambil itu,ntar kamu minder karna kebanyakan anak cowo nya. Tapi aku uda terlanjur ambil itu,dan kayanya aku syg mau tukar jurusan. Apalagi waktu kakak blg peluang kerja teknik sipil itu luas. Tapi karna dibilang banyak cowo nya jadi bingung kak apalagi aku kalo aku modelnya mmg ke cewe²an gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dini.. Salam kenal :)
      Hmm.. Jujur ya aku dulu jg g punya byk temen cowok pas SMA, aku sll minder kalo deket mereka. Tapi gara2 di sipil aku skrg malah gampang bergaul sama cowok.. Dan rata2 cowok itu setia kawan lho.. Nyatanya sampe skrg aku msh dkt lho sama sahabat2ku yg cowok, wlpn skrg aku udah jadi emak2...hehe.. Kalo aku blg sih yg penting itu minat kamu. Klo minat kmu di sipil, ya pilih itu. Tp klo jurusan lain ya pilih jurusan lain :)

      Hapus
  17. Halo kak.. Aku minat sih kuliah teknik sipil (re cananya mau daftar :D),kepengen gitu jadi orang yang bisa bangun jalan tol, hehe.. Tapi masalahnya aku lulusan SMK ka, dari jurusan perkantoran. Aku ga ngerti fisika, gimana dong???

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Kak aku kadang pengen ke jurysan teknik sipil tp aku takut kalo ntar aku jd yg paling ga pahaman. Soalnya fisika ku b aja...

    BalasHapus
  20. Menarik kak tulisannya, barangkali punya tgs teks berbahasa inggris bisa buka jasa translate jurnal teknik sipil

    BalasHapus
  21. Teknik sipil itu sangat menarik banget, bayangin aja dikelas aku perempuannya ada 12 iya sih kebanyakan laki-laki tapi seru banget, mereka kayak jagain kita gitu. Terus cuman diteknik solidnya muncul semua, satu sakit yah sakit semua. Kalau gue awalnya ngga ada maksud masuk teknik sipil, tapi lama kelamaan gue suka. Dan semoga kedepannya sampai aku lulus, aku bisa senang kuliah di teknik sipil

    BalasHapus
  22. Mbak mau tanya, apa kuliah di teknik sipil itu harus bisa nggambar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajib mbak. krna kehidupan teknik sipil itu gk lepas dari gambar kerja.

      Hapus
  23. teknik sipil itu keren, pemikiran nya luas, dan prospek kerja nya jg luas. kalau gaya berpakaian emg bgtu sih ciri khas nya ank teknik, style gembel is the best.

    BalasHapus
  24. Kak aku udah terlanjur milih teknik sipil unlam nih lewat snmptn, aku orang nya ga suka pakai celana, gimana nih jadinya, kuliah teknik sipil banyak kegiatan di luar nya ya ? Kalau keluar pakai masker gitu boleh kan? Aku kira lulusan teknik sipil wanita bakal kerj di kantor aja. Kasih tau dong ka pertanyaan aku .

    BalasHapus
  25. Yanh aku lihat di youtube jurusan teknik sipil termasuk 10 terbaik se Indonesia, Terus yang aku baca di artikel2 prospek kerja nya banyak termasuk di Banjarbaru sama Banjarmasin. Gimana nih ka aku ga suka di luar ruangan kaya terjun kelapangan, lebih suka di dalam ruangan .Karna aku pikir lulusan teknik sipil wanita kerjanya kantoran aja makanya aku pilih teknik sipil.

    BalasHapus
  26. Alasan milih teknik sipil selain aku mikirnya karna bakal kerja di kantoran aja terus karna prospek kerja nya luas, karna aku suka banget ngitung dan suka logika , tapi di sisi lain aku ga suka keluar ruangan ,sama engga mau pakai celana, gimana nih ka aku udah terlanjur. Beneran ya lebih sering ke luar ruangan?

    Pas aku nanya ke kaka aku gini "jurusan teknik sipil itu jadi tukang bangunan ya? " nah kaka aku langsung ketawa, katanya engga lah ,paling ngitung ngitung, kaya gitu.

    Kak tanggapi komentar aku ya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Anis...maaf baru sempat membalas (mungkin kamu sekarang sudah dijurusan teknik sipil atw malah pilih yang lain)..pada dasarnya teknik sipil bukan tukang bangunan alias ga melulu berhubungan dengan dunia konstruksi. Lulusan teknik sipil bisa kemana aja...tp dikuliah memang ada beberapa mata kuliah lapangan..Tentang pakaian..ga semua sih pakai celana..bahkan teman KP saya dl berjilbab dan menggunakan rok panjang wakti dilapangan dan itu bisa-bisa aja...jadi pakaian bukan hal penting

      Hapus
  27. Gausah minder atau takut duluan kalo kamu gasuka pake celana. Saya justru selalu pakai rok terus dan berjilbab lebar, tapi insyaallah bisa menyesuaikan dg jurusan yg saya ambil. Dan pekerjaannya ga selalu dilapangan, ada juga yg di kantoran, atau nanti mau buka jasa desain rumah, atau ngitungin biaya desain rumahnya. Jd gausah pusing duluan, cukup jalani aja ya. Dan teknik sipil bukan tukang bangunan kok. Hehe

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

  29. Kak mau tanya,
    Tinggal 2 bulan lgi sa akn mengikuti UN.orang tua sa slalu tanya" mau jadi pa kalau dah lulus nanti" sa bingung mau jawab kak. Kebetulan da tetangga yg sdh lulus jdi teknik sipil, orang2 slalu membicarakan pekwrjaanny. Kata mereka jadi teknik sipil tu keren, gajinya gede, n cocok tuk yg tamatan ipa. Jadinya Sa tergiur tuk masuk teknik sipil kalau lulus nanti, tapi sa nggak pede kak. Takutnya sa nggak bisa
    Tolong beri saran kak
    Terimah kasi

    BalasHapus

  30. Kak mau tanya,
    Tinggal 2 bulan lgi sa akn mengikuti UN.orang tua sa slalu tanya" mau jadi pa kalau dah lulus nanti" sa bingung mau jawab kak. Kebetulan da tetangga yg sdh lulus jdi teknik sipil, orang2 slalu membicarakan pekwrjaanny. Kata mereka jadi teknik sipil tu keren, gajinya gede, n cocok tuk yg tamatan ipa. Jadinya Sa tergiur tuk masuk teknik sipil kalau lulus nanti, tapi sa nggak pede kak. Takutnya sa nggak bisa
    Tolong beri saran kak
    Terimah kasi

    BalasHapus

  31. Kak mau tanya,
    Tinggal 2 bulan lgi sa akn mengikuti UN.orang tua sa slalu tanya" mau jadi pa kalau dah lulus nanti" sa bingung mau jawab kak. Kebetulan da tetangga yg sdh lulus jdi teknik sipil, orang2 slalu membicarakan pekwrjaanny. Kata mereka jadi teknik sipil tu keren, gajinya gede, n cocok tuk yg tamatan ipa. Jadinya Sa tergiur tuk masuk teknik sipil kalau lulus nanti, tapi sa nggak pede kak. Takutnya sa nggak bisa
    Tolong beri saran kak
    Terimah kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi..kalau saran aku sih..sebaiknya masuk kuliah dengan jurusan yg memang diminati,supaya nanti pas kuliah ga terbebani. Jurusan tek.sipil sendiri banyak dgn hitungan,logika,dan hrs bisa berimajinasi. Dan kalau memang nantinya memilih tek.sipil ya harus pede, selama rajin dan tekun pasti bisa mengikuti

      Hapus
    2. Kak mau tanya aku kan baru mau lulus SMA taun ini dan aku juga tertarik sama teknik sipil ini. Tapi aku belum tau secara mendalam tentang teknik sipil ini. Jadi apa aja si yang harus dipersiapkan supaya bisa m
      asuk di jurusan ini?

      Hapus
  32. kak gimana ya aku lulus di tekniksipil dengan jalur undangan tapi jujur kak aku belum tau apaapa tentang teknik sipil kak, jsdi gimana ya kak menurut kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas...kuliahlah dijurusan yang kamu minati

      Hapus
  33. Permisi mbak... Emng teknik sipil itu sulit banget ya mbak...
    Emng apa aj sih mbak matkul nya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sulit enggaknya sih relatif ya. Tapi klo menurut aku sih ada yg susah ada yg enggak. Tp selama enjoy kuliah..apa aja berasa bisa dikerjain hehehe...
      Matkul sendiri sih banyak..(seinget aku ya) ada baja1, baja2,mektan,struktur beton,matematika,kalkulus,psda,geologi,bandara,manajemen konstruksi,dll dan praktek2 lapangan, praktek lab dan tugas besar..sisanya aku nggak ingat hahah

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sukses di tek.sipil dan nikmati dunia perkuliahan...horaayy

      Hapus
  35. Ka saya mau tanya kan katanya tek.sipil lebih ke menghitung,logika dan berimajinasi,gimana kalau waktu masa SMA nya dia nilai mata pelajarannya dulu engga bagus,tapi bukan berarti ga suka hitungan karna emang kemampuan dia kurang mungkin,beban ga sih ka kalau ambil jurusan tek.sipil?,tapi dia pengen masuk tek.sipil niat. cuma itu dia masih takut kalau masalah itungan takut pas kuliah mogok dijalan heheee,terus temen2 nya juga banyak yg bilang ke dia kalau masuk jurusan tek.sipil itu pusing bgt,bisa2 setres katanya,dan temen2nya dia itu bukannya bikin tambah semangat tapi temen2nya malah bikin dia kaya nge down gtu jadi takut ngambil tek.sipil.gimana ka menurut kaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sukses enggaknya melewati masa2 kuliah ya tergantung niat. Kemampuan bisa di "pol" kan asal kita mau tekun, belajar dgn rajin supaya kemampuan kita pas sama pelajaran yg kita terima. Mungkin kalo pgn bgt masuk tek.sipil tp ga jago itungan, ya hrs mulai lbh giat lg. Tips supaya giat : (1)dekati teman2 pintar, spy belajar bareng, dan berusaha jgn mau kalah sama mereka. (2)kalo perlu taruhan ipk sama temen sekelas/segank dikampus, yg paling rendah ngasih uang. Hehehe...(btw itu tips yg dlu aku lakuin)

      Hapus
  36. Kak mau nanya, katanya di tek. Sipil harus pintar gambar ya?
    Trus itu yg digambar ngeliat model yang udah ada atau harus dari imajinasi kita sendiri sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus pintar gambar kok. Kalo pun gambar juga pake program komputer. Kalo arsitek/design interior dkk kyknya minimal bisa bikin sketsa (kyknya)

      Hapus
  37. Kak..
    Saya sebenarnya barusan kelas 12 dari MA di tahun ini. Tp udah pengen kuliah dan ngambil jurusan teknik sipil. Karna saya suka sama itung itungan,logika,dan berimajinasi. Tp masalhnya,ada beberapa orang yang mengatakan kalau "sekarang tuh lulusan teknik sipil udah banyak. Jdi cari aja jurusan kuliah yang lain." Dan katanya Teknik Sipil udah banyak dan kedepannya udah ngak di butuhin lagi minimal 10 tahun dari sekarang. Apa benar kak kayak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai...salam kenal. Kalo aku bilang sih kuliahlah di jurusan yg kamu memang minatin. Jurusan teknik sipil itu bisa krj dibidang apa aja..ga melulu di pembangunan. Coba baca tulisanku yang terbaru di tahun 2019. Mgkn bisa jd gambaran kerjaan stlh lulus

      Hapus
  38. Kak
    Allhamdulillah saya sudah masuk di salah satu PTN dg jurusan teknik sipil, tapi di sisi lain saya juga udah daftar ulang dan bayar di jurusan kebidanan (beda kampus ).
    Saya bingung mau milih yang mana. Kalo teknik sipil wanita itu gmn ya?. Untuk aksi sosial dan bermanfaat yg bisa dilakuin setelah lulus dari teknik sipil apa ya?. Kira" nih kalo anak teknik sipil wanita yg pengen mendirikan usaha, kira" cocoknya usaha apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai selamat ya sdh diterima di kebidanan. Klo aku sih saranin untuk kuliah di jurusan atw bidang yg paling kamu sukai murni dari hati. Karena kalo sudah suka, pasti jalan menuju lulus tuh mulus banget. Sebenernya lulusan tek sipil itu bisa kerja dimana aja, kalo buka usaha mungkin bisa dimulai dari menerima perhitungan RAB atw gambar gitu. Coba baca tulisan saya di thn 2019 tentang lulusan teknik sipil, siapa tau bisa memberi pencerahan

      Hapus
  39. Kak mau nanya. Teknik sipil nanti kedepannya dlm bekerja selalu kerja lapangan kah? Saya tertarik dan makin tertarik stlh baca2 info teknik sipil cuma kehalang restu ortu gara2 klo kerja sering pindah tempat gitu karna proyek kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dear...bagi lulusan tek.sipil ga melulu tentang proyek dan lapangan lho...lulusan tek.sipil bisa kemana aja bahkan jadi dosen pun juga bisa. Klo pun kerja bidang konstruksi bisa kok kerja di office nya tapi mungkin sesekali ke lapangan..coba di baca tulisan/blog terbaruku di thn 2019 ya...thx

      Hapus
  40. aku awal mau ambil jurusan yg keguruan gitu / pkn stan, trus sejak smp kelas 9 mulai tuh diracuni sm ortu terutama ayahku buat masuk smk jurusan sipil / gambar bangunan, tp kandas tuh jadilah masuk sma, di sma mulai dh tu diracuni tentang teknik sipil, waktu sbm bingung kan mau masuk prodi apa, secara keguruan tuh sm ortu kek dibilang "yakin mau masuk keguruan ga teknik sipil aja" gtu trs akhirnya deh tuh ambil lah pilihan pertama teknik sipil pilihan kedua teknologi informasi di salah satu univ negeri sambil daftar di stan (ga ambil univ di daerah rumah karna emang pengen pergi dari rumah), lolos kan teknik sipil nya pilihan pertama di univ negeri yg emng udh aku incer dari sma, tp krn ekonomi & adekku yg sekiranya lbh berpotensi dari aku ambil smp unggulan jadilah aku lepas tuh yg negeri (nyesel si knp ga diambil) jadinya ambil swasta deket rumah (ya ga deket" amat si), awal beneran ga tau apa" dh tuh teknik sipil matkulnya apa aja, cuma tau 1 2 biji doang eh setelah ngerasain, aku betah dong walaupun otak ngebul rasanya klo tugas lg numpuk banyak & deadline nya deketan (kek org baru jadian :v)

    BalasHapus
  41. Kak, boleh nggak pakai hijab l bar sama rok buat cewek di tek. Sipil kak?

    BalasHapus
  42. Kak aku mau tanya nih, aku baru SMP kelas 9. Tapi udh punya rencana mau masuk ke jurusan teknik sipil di universitas Diponegoro (aamiin). Tapi setelah tau kalau teknik sipil yg mengincar banyak, kenapa tiba-tiba aku jadi down gitu ya, secara aku orangnya gak pinter-pinter amat sama mata pelajaran fisika,gambar apalagi tulisanku jelek dan harus bersaing dengan orang banyak. Kira-kira gimana ya kak buat ngebangkitin rasa down itu? Tolong jawab kak... Makasih

    BalasHapus
  43. Kak aku mau nanya jadi kan aku udah lulus diuniv jurusan teknik sipil
    Trs ditanya ortu teknik sipil kalo uda tamat kerja dmna yah kak
    Bisa ga kerja dipt PLN atau Pertamina gitu
    Trs jadi apa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur