Jaman Dulu Part 1



“Ma, aku juga mau tas yang ada rodanya itu….”

Kalo inget jaman-jaman dulu, gue suka ngerasa geli sendiri. Banyak hal-hal konyol yang mungkin memalukan dan tak terlupakan.
#JAMAN SD
Jaman SD banyak banget ngetren-ngtrenan yang aneh. Dimulai dari model tas, sepatu, baju yang aneh-aneh. Dan gue sebagai anak SD dijamin itu selalu menjadi korban kebiadaban tren-tren aneh itu
1.       Tas beroda dan tas koper
Gue nggak tau siapa yang buat tren tas-tas anak SD yang kayak gini. Tapi yang jelas, dijaman itu yang punya tas itu kesannya high class banget. Di jaman itu, sekitar tahun 1998 harga tas gituan itu udah 100 ribu, bayangin betapa mahalnya. Yang disejarah pertasan gue, gue belum pernah punya tas beginian. Mau ngerengek sampe rambut gue kusut pun nyokap gue nggak beliin. Gue nggak tau sih kalo jaman sekarang anak SD lagi ngetren pake tas apaan. Jangan-janga mereka lagi ngetren nenteng tas furla yang bentuknya kandang hamster ke sekolah.
2.       Engklek/engkling/ cak ingkling
Siapa sih yang nggak pernah main engklek pas masa kecil (anak kecil di jaman gue). Permainan murah meriah yang bisa dimainin ama banyak orang dan bisa bikin anak-anak SD berujung lempar-lemparan batu gara-gara nggak terima kekalahan. Jaman gue dulu, anak-anak yang bisa maen engklek dengan lincah adalah anak yang cekatan, pintar, dan cantik/ganteng . Gue juga nggak tau kenapa ini terjadi. Sedangkan anak gendut kayak gue pasti aja selalu kalah dan ngos-ngosan mainnya. Ujung-ujungnya gue Cuma bengong gara-gara nunggu giliran main yang entah kapan. Jaman dulu, anak-anak yang menang engklek atau itu pasti bisa beken di sekolahan. Kesannya kayak abis menangin olimpiade engklek segalaksi bima sakti.
3.       “Ngangkat” adek
Ga tau siapa yangg menciptkan tradisi ini di sekolahan gue, tapi waktu kelas 6 SD gue ngalamin musim “ngangkat adek”. Peraturannya adalah “mengangkat adek” anak-anak kelas 2 yang perempuan juga. Setelah “mengangkat adek” kita diwajibkan berkenalan, maen setiap jam istirahat, meluk-meluk dan gandengan sama adek itu terus. Dan ajaibnya gue dulu melakukan hal itu. Setelah gue pikir-pikir sekarang, tradisi macam apa itu dan gue sendiri ngerasa gelik….berasa kayak lesbong yang pedofil…
4.       Gank
Gara-gara kebanyakan nonton sinetron tv, akhirnya di sekolah pun marak-maraknya bikin gank. Dan gue pun punya gank yang dikasih nama Brisnilady yang beranggotakan 5 orang. Haseekkk….pas SD aja nama gank gue keren banget. Sebenernya nama gank gue itu BRISNILIDI, Cuma kebetulan salah satu temen gank gue ini pinter bahasa inggris dan dia bilang kalo Brisnilady tuh lebih elegan, jadilah nama gank gue itu. Dan logo gank kami adalah sapu lidi yang niru lambang Asean…geje banget ya. Karna dulu lagi marak-maraknya belajar tentang PBB jadi di gank kami dibuatlah struktur organisasi dan itu dipilih lewat voting. ..ketika kami nyusun struktur organisasi, kami ngerasa kebingungan…(wajarlah anak SD)….jabatan pun kurang 1 dari ketua, wakil ketua, bendahara, sekertaris…padahal kami itu berlima…akhirnya kami putuskan 1 jabatan itu adalah badan keamanan..dan tau kah siapa yang menjabat dewan keamanan?yakk..itu adalah gue…dan kerjaan gue adalah selalu ngelindungi temen-temen gue diamanapun berada -____-
5.       Sepatu lampu
Tepatnya pas gue kelas 4 SD lagi marak-maraknya pake sepatu yang kalo diinjek ada lampunya. Yang jelas rata-rata yang punya sepatu itu adalah anak-anak cowok. Dan sekali lagi nyokap gue nggak pernah beliin gue sepatu gituan. Tapi ternyata yang dibeliin nyokap gue sepatu lampu adalah kakak gue si bimo. Alhasil gue seneng banget minjem tuh sepatu dan dengan bangga gue pake di depan temen-temen gue. Dengan bangganya gue pun sengaja mondar mandir terus nggak sengaja tuh sepatu masukkan ke becekkan, alhasil tuh lampu kayaknya konslet dan kagak mau idup lagi,,,hahahaha
6.       Merk sepatu
Gue nggak ngerti dulu itu gue idup di SD sosialita mana, tapi yang jelas merk sepatu itu menentukan dimana level lo dimana. Anak-anak tajir pada pake sepatu merk Ad*d*s , N*k* dll sedangkan sepatu gue bermerk pro ATT. Pernah di suatu siang waktu gue nunggu kelas, duduklah gue di depan kelas dan datenglah temen gue yang cowok yang lebih dekil dari gue, sebut aja nama temen gue ini Geral, dengan polosnya si Geral dateng dari kelas sebelah dan ngejekin gue gini “cie Anak Tukang Tahu”…gue bengong ga ngerti (maklum waktu itu gue masih polos dan unyu kayak si Tasya anak gembala)
“bokap lo tukang tahu ya?”
Gue monyongin bibir karna sebel “maksud lo apa?”
“Tuh sepatu lo merknya pro ATT….tuh kan Cuma dipake ama anaknya tukang tahu,,,kan singkatan ATT tuh ANAK TUKANG TAHU”
Gue jengkel dan saat itu terjadilah acara anarkis, dengan kekuatan bulan gue mukulin si Geral dan semenjak itu juga gue nggak pernah pake tuh sepatu.
Masa SD gue emang masa dimana absurd banget muka gue, kesannya gue kayak kena evolusi besar-besaran. Beberapa hari lalu gue nyari-nyari foto gue pas jaman SD. Emang nggak banyak sih, karna seinget gue pas SMP gue pernah dengan sengaja membumi hanguskan tuh foto gue karna keabsurdan muka dan gaya gue. Dan mungkin kalo orang-orang ngeliat gue yang dulu bisa dikira kalo gue adalah jelmaan Budi Anduk…hahahahha
But, disamping keabsurdan muka gue, gue sangat menikmati masa-masa SD gue yang luar biasa berharga J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur