Oh Raditya Dika


Siapa sih yang kagak kenal si Raditya Dika yang fenomenal dengan kambing jantannya, yang sekarang hobi nongol di tivi acara pembahasan politik dengan gaya warung kopi, yang sekarang potongan rambutnya yang kayak sikat WC yang kadang kita suka ketuker sama si Rahul Lemos suaminya Krisdayanti…Siapa sih yang kagak tau???
Menurut gue, dia salah satu penulis fenomenal yang menginspirasi banyak penulis muda untuk menulis dengan dunia baru, dunia sekitar dan berawal dari blog. Semua tulisannya merupakan sesuatu hal ringan yang mungkin banyak dijumpai di kehidupan kita, tentang semua kebodohan –kebodohan dan kekonyolan hidup yang dikemas apik dengan bahasa sederhana. Seorang penulis yang membuat satu gebrakan gaya bahasa (menurut gue) dan gaya bercerita (sekali lagi, menurut gue).
Kekonyolan-kekonyolan dia yang ditulis dalam buku-bukunya, selalu menginspirasi buat gue. Bahwa untuk menulis lo nggak harus ngejelimet mikir sana situ, cukup mengandalkan perasaan humor lo dan hal-hal yang selalu di sekeliling lo. Dan jujur lewat buku-bukunya, gue baru sadar kalo sebenernya semua orang dianugrahi kemampuan buat menulis hanya saja dengan kemasan yang berbeda.
Gue tau buku Raditya Dika cukup terlambat sih (lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan..ehhe), kira-kira kalo nggak salah waktu gue semester 1 dan itu sudah buku ke tiga dia. Buku yang berawal hanya buku titipan mendadak naek pangkat menjadi buku yang bener-bener gue suka dan cari-cari. Gue inget banget, dulu masih susah nyari buku-buku dia di Gramedia (masih belum keluar model komiknya)
Bisa kayak orang gila gue bacanya, mendadak ketawa sendiri. Di kampus pun gue cenderung ngobrolin tentang isi buku dia yang jujur gokil banget. Berhubung gue tipe orang yang suka banget berimajinasi, sesekali gue membaca buku dia sambil membayangkan setiap detail kejadiannya. Membayangkan gimana situasinya, gimana wajah Raditya Dika, gimana cantiknya si Kebo (sebelum ada filmnya lho) dan membayangkan gimana itu Australia atau gimana unyunya adek-adeknya.
Berhubung gue Cuma bisa melihat foto Raditya Dika di bagian akhir bukunya (masih mahal buat internetan), sesekali gue membayangkan postur tubuhnya. Gue mambayangkan mukanya dan badannya, kayaknya bayangan gue SEMPURNA banget.
Rasa penasaran gue tentang sosok Raditya Dika nggak Cuma terjadi ama gue, tapi juga ama kakak gue yang mendadak juga ngefans ama sosoknya Raditya Dika. 9 Januari 2009, di acara talk show malam dengan host fenomenal itu menampilkan Raditya Dika. Sumpah gue ama kakak gue udah kayak 2 cewek kesurupan yang melotot. Gue ama kakak gue udah penasaran banget, penasaran gimana Raditya Dika jalan dan bergerak (nggak Cuma diem dalem foto yang hitam putih buram dan ada di lembar akhir buku).
Waktu yang ditunggu-tunggu dateng juga. Raditya Dika keluar juga…dan mendadak dia bawa ember. WHATT??!!  Ember ??apa maksudnya ini dan perawakan dia beda banget ama bayangan gue. Sekali lagi gue di dalem hati bertanya-tanya nih ngapain dia bawa ember. Apakah dia akan mandi bersama dengan host fenomenal itu??Gue masih bingung dan menebak-nebak. Lalu ternyata ember itu dibagi-bagi dan dia kayang..oke gue ngerti, gaya andalan dia emang kayang…tapi apa hubungannya kayang dan ember??sekali lagi gue maklumin gaya dia karna gue ngefans abis…
 Gue dan kakak gue yang dari tadi udah ga sabar mau liat dia mendadak langsung terdiam...
detik pertma .....krik...krik sambil mangap
detik kedua....krik..krik...masih bengong
detik ketiga....masih bengong....
detik keempat...
gue dan kakak gue saling berpandangan...
detik kelima...kami garuk
-garuk kepala...
detik keenam....ngucek
-ngucek mata...
detik ketujuh...
gue Cuma bisa bilang ke kakak gue "Mbak, itu Raditya dika???yang nulis buku yang kita suka???kenapa dia kayang??"
detik kedelapa
n...kakak gue dengan tatapan yang sama bingungnya Cuma bisa jawab "Nggak tau dek, gue juga bingung"
detik kesembilan...
gue geli sendiri inget gaya kayangnya Raditya Dika
detik kesepuluh..kami ketawa ga kelas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur