Alfa VS Mas Meri


            Boleh dibilang pertemanan bisa terjadi dimana dan dengan siapa saja. Seperti sekarang gue dan Alfa tanpa sadar menjalin hubungan akrab dengan seorang pelayan di sebuah warung makan. Pertemanan ini berawal di tahun 2009, ketika gue dan Alfa hobi nongkrong dan makan di warung Pak Dog Dog (JANGAN DIARTIKAN : pak anjing anjing). Mungkin karna gue dan Alfa punya hobi yang sama yaitu selalu makan di tempat yang kami labelin halal, murah, enak/lumayan enak dan banyak (maklum anak kos).
            Berhubung hampir tiap sore gue ama Alfa makan disitu dan Cuma berdua aja maka berhembuslah gosip kalo gue dan Alfa pacaran di warung itu. Nah dari sini lah gue, Alfa dan Mas Meri (yang sampe sekarang gue nggak tau nama aslinya) berteman.
            Yah gimana yah, secara kecantikan gue yang membahana paripurna sejagat antero anak-anak kecebong dan tidak diimbangi dengan kegantengan Alfa yang sebatas seperti alien dengan ventilasi lobang hidung bak hidung Gumoong si siluman kerbau dari serial kera sakti maka Mas Meri (sebut saja namanya itu) suka nggak yakin kalo kami pacaran (emang bukan pacaran kalii) dan tercetuslah kata-kata dari bibir tebal Mas Meri  yang dibarengi dengan geberan motor Alfa “Wah, mas kok bisa dapetin mbaknya sih?Meri aku” (Meri : iri) dan kalimat ini selalu diulang setiap kami pulang, makanya gue dan Alfa berinisiatip memberi nama mas mas itu dengan nama Mas Meri (keren kan??ehehh)
            Okeh gue akan mendiskripsikan gimana itu wujudnya mas Meri. Tingginya kira-kira se gue ya 165 cm lah, kulit sawo matang kecoklatan, gigi yang kayaknya terdiri dari gigi taring semua, rambut kaku acak ala boneka chucky, berat badan proposional, hobi pake celana jins agak ketat,baju pas badan, suka senyam senyum sendiri, berbibir tebal yang bertugas mengahantarkan makanan/minuman ke pelanggan atau membeli gas LPG 3kg.
            Gue nggak ngerti ada hubungan apa antara Alfa dan mas Meri, yang jelas gue ngeliat kayak ada hubungan emosional tersendiri diantara mereka. Secara ga sadar, mereka punya panggilan sayang masing-masing. Misalnya, Alfa yang memanggil dengan sebutan mas Meri, sedangkan mas Meri yang memanggil Alfa dengan panggilan Mas Berlin (gue kurang tau historisnya, mungkin muka Alfa yang mirip ama tembok berlin kali ya). Sampai sekarang mereka kalo ketemu suka ejek-ejekan atau saling gemes pengen nyiram aer mendidih. Tapi kalo gue yang dateng sendirian ke warung itu, pasti gue ditanya seputar kemanannya Alfa. Gitu juga sebaliknya, kalo Alfa pulang kampung pasti dia SMS gue Cuma sekedar bilang “kangen mas meri”
            Pernah si Alfa dibikin keki dan kalah telak ketika mas Meri nanya sambil ngelayani pelanggan laen yang kebetulan itu agak rame
Mas meri        : Mas, asalmu darimana sih
Gue                  : (nyamber perbincangan) Soko telo mas (Soko telo :dari tela)
Alfa                  : gethuk kali gue
Mas Meri        : hahah pasti dari ambon ya
Gue dan Alfa saling lihat-lihatan. Gue ngamatin Alfa yang mukannya jawa abis “darimana sisi Ambonnya?” Alfa berusaha berkaca di mata gue sambil nggak percaya.
Alfa                  : Kok bisa?
Mas Meri        : Iya Ambon, Ngambon-ngamboni mas..hahah (Ngambon-ngamboni:bau-bauin)
Alfa ngambek.
Mas Meri ketawa puas sambil nyuci piring.
Gue nahan ketawa
Pelanggan yang lain sibuk cekikikan sendiri-sendiri.
            Walaupun si Alfa dan mas Meri yang sering ejek-ejekan yang kadang berujung dengan ngambeknya salah satu dari mereka, tapi mereka punya makanan kesukaan masa kecil yang sama yaitu sawo bludru. Apa itu sawo bludru??sampe sekarang pun gue juga kagak tau, kayaknya Cuma mereka dan Tuhan yang tau. Nggak tau juga kenapa disebut sawo bludru, kenapa nggak sawo sutra, sawo katun atau sawo kafan sekalian aja. Sekali lagi gue nggak bisa jawab karna gue ga tau wujudnya. Kalo mereka dah mulai cerita tentang sawo bludru, mereka bakalan bisa kayak rumpinya emak-emak yang lagi arisan panci, rame dan nggak ada stopnya. Pernah, waktu mereka ngobrol tentang (masih) sawo bludru sampai mas Meri ikutan duduk dan lupa ngelayani pembeli. Lama-lama gue curiga, kalo mereka saudaraan atau mereka terpisah.
            Pernah juga sih gue ngerasa gedhek banget ama mas Meri. Kebetulan waktu itu gue lagi putus asa banget tentang masalah percintaan gue yang dibarengi dengan kegagalan gue, Alfa dan tim dalam penafsiran pembuatan maket untuk pameran. Rasanya udah loyo dan refreshing jadinya gue dan Alfa sore itu memutuskan untuk mengisi perut dulu biar bisa mikir lagi. Yup tempat yang kami tuju adalah “brother Meri café and resto” alias warung mas Meri. Kebetulan warungnya baru buka dan belum ada pembeli selain kami. Setelah makanan kami jadi, niatnya mau langsung buru-buru makan, eh mendadak mas Meri duduk di hadapan kami sambil ngajak ngobrol, nggak tau kesirep apa akhirnya gue, alfa dan mas Meri terlibat obrolan yang sangat nggak penting dan nggak gue ama Alfa pahami. Yang ada gue ama Alfa yang makin stres dan mau nangis. Okeh dibanding harus jadi gila gara-gara ngobrol kelamaan ama mas Meri akhirnya kami pun makan, tapi WHATT??! Mie rebus gue dah mengembang dengan indahnya dan bentuknya pun udah segede jari-jari anak SD, batal dah gue makan. Berhubung makanan ternyata gagal membuat hati kami tenang, akhirnya gue dan Alfa pun memutuskan untuk mencari dan membeli kura-kura sebagai obat pelipur lara. Gobloknya, lagi-lagi gue salah nanya. Gue nanyanya ama mas Meri dan dengan sotoynya dia ngasih alamat tempat penjualan kura-kura yang sukses bikin gue ama Alfa nyasar ke tempat orang jualan pupuk…(siall…gue bakar juga pantat mas meri)
            Awalnya tentang masalah gosip yang beredar di warung kalo kami pacaran sih nggak bikin masalah, makanya gue ama Alfa sengaja ga mengklarifikasi. Tapi, lama-lama kayaknya jadi masalah banget. Apalagi kalo gue makan di warung itu sama gebetan gue. Rasanya kayak ada yang ngamatin dan bisik-bisik tentang gue, seolah-olah berkata “hayo selingkuh ya?” Ditambah lagi ketika mas Meri mulai mengadu ke Alfa kalo gue “selingkuh”. Astagaa…gue ama Alfa Cuma bisa mengernyitkan bibir. Oke akhirnya gue dan Alfa bikin skenario kalo kami udah putus tapi masih berteman baik (dibanding menyangkal dan bercerita sebenarnya kalo kami nggak pernah pacaran). Buru-buru gue dan Alfa memasang mimik muka serius, meyakinkan bak artis-artis yang lagi jumpa pers ngumumin putusnya mereka. Mas Meri hening, nunduk ke tanah dengan tatapan nanar ngedenger berita putusnya kami. Sempet juga dia nggak percaya “Kalian bohong, nggak pacaran kok masih berduaan terus” dengan cuek dan sok bijak gue Cuma bisa bilang (kehabisan akal nih…) “Ya berduaan kan nggak berarti harus pacaran, lagian kami kan bukan ABG lagi yang musuhan setelah putus. Kami lebih cocok berteman kok. Kan kami sudah sama-sama dewasa” gue langsung masang tampang dan senyum bijak sebijak om Mario Teguh yang suupeeer..
Alfa langsung nginjek kaki gue sambil mengisyaratkan “lo pinter”
Dan mas Meri pun berlalu meninggalkan gue dan Alfa .
Gue dan Alfa cekikikan sampe perut mules….

Nb: gue sekarang nggak tau mas Meri sekarang dimana, dia udah nggak kerja di pak dog dog lagi. Gue harap dia masih ceria bersama sawo bludrunya…GBU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur