Mbak Nanik oh mbak Nanik

“mbak tolong….”

            Kehidupan gue di rumah ga lepas dari yang namanya keluarga dan pembantu gue. Pembantu gue ini namanya Nanik, yang umurnya beda 2 tahun lebih tua dari gue, kecil, kulit kecoklatan, dan nampak seperti masih anak SMA. Pembantu gue ini udah kerja di rumah gue selama 6 tahun dan selalu menghadirkan cerita-cerita konyol yang bikin orang geleng-geleng ngeliatnya.
            Berhubung gue orang yang paling males banget keluar rumah, makanya gue hampir setiap hari gue selalu menyebutkan “mbak tolong…” entah membelikan sesuatu atau mengirim sesuatu. Gerakan mbak nanik yang super gesit yang bisa mungkin kecepatan langkanya setara dengan kecepatan cahaya ini lah yang kadang adanya miss komunikasi, misal gue minta dibeliin siomay entar dia pulang-pulang bawa sate  atau entar gue bilang minta dibeliin sabun di warung dia malah beli pasta gigi. Dan sering banget kejadian dia selalu pergi ketika gue belum selesai ngomong
“mbak tolong belikan ditoko karya…”
Mendadak mbak nanik mengambil uang dari tangan gue dan langsung melesat dengan cepat…what??!! Gue belum selesai memberi titah
Beberapa menit kemudian mbak nanik kembali ke gue dan bertanya  “mbak, tadi aku sudah sampai ke toko karya, tapi lupa mau beli apa?”
Gimana lupa, gue aja belum nyebutin apa yang mau gue beli
            Mungkin kalo kejadian gue sih masih wajar, tapi kejadian antara mbak nanik dan bokap gue yang paling lucu. Jadi ceritanya waktu itu bokap gue lagi sibuk banget. Rata-rata tugas di kantor pasti dikerjain dirumah, alhasil rumah gue berubah kayak kantor dadakan yang ada kertas HVS dimana-mana, kebetulan kertas habis, bokap gue segera nyuruh mbak nanik buat beli kertas
“mbak, tolong beliin kertas HVS di toko sebelah ya”
“kertas HVS itu yang ukurannya gimana ya pak?”
Bokap gue langsung ngambil kertas bekas yang berisi cetakan dokumen yang salah
“kayak gini, bawa aja”
“berapa banyak,pak?”
“beli satu rim aja”
Mbak nanik nampak bingung, bingung satu rim itu berapa lembar
“satu rim itu 500 lembar, mbak”
Mbak nanik nampak komat kamit menghapalkan sambil sesekali bola matanya memandang langit-langit rumah persis kayak anak SD ngapalin UUD 45 .
            Dengan secepat kilat mbak nanik menghilang dari pandangan bokap gue menuju toko yang letaknya persis di samping rumah gue (toko fotocopy an dan menjual alat-alat tulis).
            20 menit, mbak nanik ga pulang-pulang, bokap gue dah cemas. Cemas karna pekerjaannya jadi terhambat dan cemas jangan-jangan mbak nanik diculik.
            30 menit, lagi-lagi mbak nanik ga nongol, bokap gu udah sibuk mondar mandir kayak nunggu lahiran anak
            1 jam berlalu, mbak nanik ga juga pulang. Lalu timbulah tanda tanya dibenak gue dan bokap gue “apakah mbak nanik diculik dan dijual ke negri sebrang?” atau “apakah mbak nanik membeli kertas di jakarta?”
            Setelah nyaris 2 jam gue ama bokap gue nunggu mbak nanik, dan nyaris kami menelpon polisi untuk melaporkan kehilangan, akhirnya mbak nanik datang juga membawa kantong plastik hitam yang kami sinyalir berisi kertas HVS 1 rim.
“Maap pak lama, tadi di toko rame, ini pak kembalian uangnya. Tadi harganya 50 ribu”
“oh iya,makasih ya”bokap gue setengah bingung, harga kertas kok jadi mahal banget yang biasanya Cuma 30 ribuan
Mbak Nanik kemudian menghilang dari pandangan kami dengan kecepatan cahaya.Mendadak gue sama bokap gue bingung, kok kertas yang biasanya di bungkus rapi dalam kemasan kok sekarang hanya di masukan dalam kantong plastik hitam. Gue memandang bokap, bokap mandang gue trus memandang seonggok kertas di dalam kantong plastik, mendadak bokap gue meraba kertas di dalam kantong plastik
“dek, kok kertasnya anget??” bokap gue bingung,baru kali ini bokap beli kertas anget dan mahal
Gue sih berharap itu sebungkus martabak anget yang baru mateng
“Masa sih pa??Kok bisa anget ya pa?” gue ikut-ikutan ngeraba
Buru-buru bokap gue ngambil tumpukan kertas yang masih anget, gue nunggu ekspresi bokap gue. Mendadak bokap gue geleng-geleng sambil tertawa keras. Gue bingung…
“kenapa pa??kok ketawa??”
“ini lho” bokap ngasih gue
Gue memandang ratusan lembar kertas yang anget.
Mendadak gue bingung dan pengen pingsan ngeliatnya. Ternyata kertas yang tadi bokap kasih ke mbak nanik untuk contoh ukuran kertas, malah di fotocopy sebanyak 500 lembar. Pantesan mahal pantesan anget…difotocopy sih. Alhasil bokap gue seharian itu Cuma ketawa kalo inget kejadian itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur