ALFA (part II)

#BAHASA SANDI
            Satu lagi, hobi kami yaitu “ngerasanin orang” (membicarakan orang). Ngerasanin orang itu yah saudaraan sama ngeggosipin orang, bedanya hanya yang dibicarkan lebih ke fakta yang terlihat dan nyata. Yah kami ngerasani berdasarkan fakta yang kami lihat di depan mata. Misalnya, ngerasani orang yang memakai celana dalam di luar atau ngerasani kakek kakek yang naik transjogja Cuma menggunakan kutang.
            Biasanya kami ngerasani orang dengan cara sopan dan terhormat. Maksudnya dalam ngerasani orang kami menggunakan sandi-sandi tertentu yang Cuma kami berdua mengerti. Ini sengaja kami ciptakan supaya menguntungkan si kedua belah pihak, pihak yang ngerasani dan dirasani, biar kelihatan beretika, jadi kami nggak ketahuan waktu ngerasani orang.. dan sekarang gue akan beberin cara dan trik dalam ngerasani orang yang mungkin bisa ditiru di rumah J :
1.      Memicingkan mata, menyudutkan pandangan dan dijawab dengan anggukan
Cara ini memang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Cara ini memang sering dilakukan di tempat umum atau tempat rame. Misalnya di dalem bus transjogja atau tempat antrian, yang nggak memungkinkan untuk ngeluarin satu patah kata pun untuk ngerasani orang. Kalo lagi gini, biasanya Alfa yang paling pinter memicingkan mata dan menyudutkan pandangan ke seseorang atau sesuatu dan gue bales dengan anggukan tegas dan sipitan mata yang nggak kalah sadis. Jadilah kami berdua kayak sepasang aktor dan aktris antagonis di sinetron-sinetron.
2.      Menunjuk dengan menyebutkan arah jam
Cara ini sering digunakan untuk menunjuk ke sesuatu atau seseorang yang ada di belakang atau disamping, yang nggak memungkinkan dipandang langsung. Alhasil kami berdua udah kayak iphin uphin yang lagi main detektif-detektifan. Sebagai contoh:
“Coba deh lo liat arah jam 6 kurang 15 menit. Masa tuh cowok pakai kawat gigi di bibir”pancing Alfa.
Gue sibuk dengan jam tangan gue yang DIGITAL yang kagak ada jarumnya. Gue sibuk minjem jam tangan dia buat nentuin arah (kebetulan kalo cara ini gue masih amatiran dan belum bisa menguasai arah. Jadilah si korban sudah kabur duluan sebelum gue bisa nentuin arah). Kalo gue kebetulan lagi pinter dan bisa nemuin arah yang dimaksud, pasti gue pura-pura…pura-pura bershinin ketombe (kalau korban di samping) atau pura-pura nggarukin pantat kalau korban ada di belakang. Tapi cara ini jarang kami gunain soalnya loading otak gue yang lemot kayak siput waktu nentuin arah. Yang ada kalo gue lambat nentuin arah yang dimaksud, terus Alfa yang nggak sabar ngeliat kelemotan gue terus dia teriak sambil gigit bibir yang bikin kakek-kakek ngeliat sisi keunyuan dia “itu lho nad, selatan lo” (nah lho makin bingung lagi kalo nunjukin arah pake arah mata angin) dan korban pun ilang duluan, yang ada kami berdua jambak-jambakan atau naburin bedak ke mata masing-masing.
3.      Dengan membuat simbol-simbol huruf dengan jari
Kalau cara ini biasanya digunakan di tempat keramaian banget. Biasanya si Alfa akan ngasi kode huruf-huruf penting yang menunjuk ke sesuatu (rempong amat idup gue Cuma buat ngerasani orang aja) kalo gue lagi pinter, gue dengan gampang bisa ngerti maksud dia, tapi kalo gue lagi lemot abis dan ngerasa depresi karna nggak bisa ngertiin kode yang udah dia kasih berulang-ulang 2 sampai 3 kali, gue bakal teriak “Apaan sih?dah ngomong aja” Pasti dengan gondok dia bakal ngejawab dengan bibir yang enggan bebrbicara (kalo dihitung dengan penggaris hanya beberapa inchi) “Entar pas pulang gue jelasin”
Tapi pernah juga, Alfa pernah mengkombinasi kode yang ngebuat gue bego banget di kelas. Waktu itu, gue ama dia kebetulan sekelas tapi jauhan tempat duduknya. Tiba-tiba gue di suit suitin orang, gue sih berharap cowok ganteng yang manggil gue, eh ternyata si Alfa, dia pun ngeluarin jari-jari lentiknya memberi kode simbol-simbol huruf. Mampus gue nggak paham. Awalnya sih ngerti huruf-hurufnya tapi mendadak kok ribet ya jari-jarinya. Gue ngangguk-ngangguk aja pura-pura ngerti, terus gue lanjutin kegiatan gue nyatet materi kuliah.
“Nad..nad”
“Ha??”
Kali ini Alfa memonyongkan bibirnya sambil ngomong tanpa suara, berasa nonton tipi bisu jaman dulu  “Ada nggak?”
“HA?? Apanya?”Gue makin bingung setengah galau ngadepin nih anak
“Yang tadi gue bilang?”Alfa masih monyongin bibir…
Terus dia ngelanjutin dengan memberikan kode simbol-simbol huruf dengan jari. Gue merhatiin dari jauh. Gue mangap, dia antusias banget ngeribetin jari-jarinya sambil sesekali kami ketawa karna ga paham. Gue Cuma ngangkep kata “bau” tapi masih nggak ngerti apa yang dia maksud
“Ha? Bau apaan? Lo belum mandi?” bisik gue
Dia geleng-geleng sambil terus ngeribetin tangannya. Ya ampun dosa apa gue, sampe harus disiksa dengan cobaan seberat ini. Gue jambak-jambakin rambut sendiri karana ga paham. Konsen belajar gue ilang dan penasaran ama gerakan lentik Alfa. Sebenernya ngapain sih dia harus ribet, padahal kan bisa lewat tulisan di kertas, SMS atau BBM.
Akhirnya gue nangkep clue yang lain yaitu “lilin”. Gue makin lemes, mules dan pucet. Apa hubungannya “bau” dan “lilin”. Apa dia mau pake deoderan dengan lilin biar nggak bau atau gue bau terus mau dibakar pakai lilin atau dia nyuruh gue jagain lilin soalnya dia mau ngepet. Sial semua rancu dan sialnya ngapain juga gue tanggepin dia. Sukses tuh siang, gue kuliah Cuma ngartiin sandi-sandi dia. Dan akhirnya dia meragain seseuatu. Dia nunjuk pake telunjuk, terus ngibas-ngibasin tangan ke idung kayak mencium aroma. AHA gue tau “Lilin aroma terapi ya?”
“Iya nad, ada nggak ya di Mirota Batik”tanya Alfa dengan suara lirih
Ya ampun,,,,gue ngarasa bego banget,,,Bego karna ngartiin dan bego karna nganggepin tebakan-tebakan bego gini.
4.      SMS jowo – Inggris
Nah kalo sandi ini, nggak sembarang orang yang bisa bikin ini, Cuma manusia- manusia kratif yang ngerti,,,heheheh…sebenernya sih gampang Cuma harus mikir aja waktu mau mengirim dan membaca SMS ini. Cara ini biasa kami lakukan Cuma buat seru-seruan atau waktu mau ngerasani orang, tapi letak kami berjauhan dan takut ada orang lain yang ngebaca SMS ini. Biasanya kami mengubah bahasa jawa menjadi bahasa inggris kacau, misalnya
“wish tank I do wrong? Add does do wrong? Monkey cool lock jump put jump 7”
Bahasa jawanya:
 “wes tangi durung?Adhus durung?Mangke kulo jemput jam 7”
Bahasa indonesianya:
“sudah bangun belum?Mandi belum?Nanti saya jemput jam 7”
(INGAT jangan artikan secara harafiah…bakal sesat)
Atau kami sering memisalkan tempat atau orang dengan sebuah nama samaran. Misalnya ketika kami lagi sibuk dengan urusan skripsi, kami menyebut kantor untuk menyebut ruang dosen dan menyebut dosen-dosen dengan nama eyang, tante, mami, bulek, budhe dan pakde alam semesta. Tentu semua julukan mempunyai arti dan alasan yang tersendiri. Kami sengaja menyamarkan nama supaya ketika ngerasani nih dosen nggak ketahuan ama orang lain.
Tapi kadang penjulukan nama samaran ini bakal terasa aneh didenger orang lain. Misalnya aja, si Alfa yang kebetulan stres gara-gara dia banyak revisi di skripsinya terus curhat gue di sebuah warung makan yang kebetulan sedang rame pengunjung “Gue stres, mami kok lama-lama ngasih banyak kerjaan, terus si tante nuntut ini itu. Gue stres, untung ada eyang yang baik hati yang mau dengerin curhatan gue, soalnya kalo gue curhat ke tante malah dimarahin. Gue nggak tahan ama kelakuan mami” Gue Cuma manggut-manggut aja ngedenger curhatan Alfa, karna gue ngerti konteks arah pembicaraannya.Lha orang lain apa ngerti??Orang lain apa paham siapa yang dimaksud dengan tante, eyang atau mami?? Nampak mbak-mbak yang duduk di belakang Alfa yang sedari tadi setengah nguping dari tadi mendadak ngerasa jijik, mungkin dalem hatinya ngomong “Kampret, ni cowok gigolo ya?” hahaha….setelah gue pikir-pikir, memang curcol tadi terdengar seperti curcol seorang gigolo..hahah…

Komentar

  1. jiahhhhh guwe sampe guling2 dipasir habis baca cerita ini.... Ampun DJ Stop the music..
    kagak nahan!!!!!

    Ajibb dahh..
    masi inget wae ama lilin aroma terapi...
    sekonyol itukah hidupku...
    wkakakakaka....
    lanjutan!!!

    thanks buat: eyang, mami, tante, budhe, dan pakde Alam semsta
    serta Mas Meri and friend yang telah meminjamkan restonya sebagai tmpat curcolll

    BalasHapus
  2. huahahahha....
    kenangan kita banget ya,,,,hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur