ALFA (part I)

Acara padusan 081009


Temen gue yang satu ini boleh dibilang orang tergokil di abad ini (menurut gue). Gue ama dia udah temenan deket sekitar 3 tahunlebih. Dimana ada Alfa pasti ada Nadia. Gue kenal dia karna gue sekelas ama dia waktu kuliah S1. Awalnya sih gue serem ngeliat tampang dia yang sangar dengan skin coklat buram, badan kekar, muka berparas Jawa tulen, yang kalo lagi ngobrol kadang suka memicingkan mata dan mengerutkan bibir (mendadak kayak sinetron yang lagi mempertontonkan tokoh antagonis zoom in zoom out). But finally, ternyata pribadinya nggak sesangar penampilannya.
            Boleh dibilang, dia termasuk orang berpengaruh di kampus gue (lebay…) nggak ada dosen yang kagak kenal dia si “Master AUTOCAD”. Apalagi dengan aksen jawanya yang gaul dan gaya pakaian dia yang khas. Boleh dibilang ni anak paling berani memadu padankan baju , yang kadang sering membuat gue tanpa sengaja bergumam “Masyaallah…” Dia paling sering pake sepatu fantovel dan celana kain atau celana jins berpotongan gombrong kalau lagi di kampus. Yang terkadang menggunakan tas slempang yang banyak gantungan kunci atau menggunakan mouse bekas buat gantungan kuncinya. Belum lagi kemeja yang dipakai “wow” kemeja hawai dengan motif pohon kelapa yang berasa kita sebagai orang ngeliatnya berasa adem kayak di pantai, atau dengan kemeja ketat yang panjangnya Cuma sepinggang atau kemeja berwarna coklat bata (bata yang kesirem aer) dengan motif kecil-kecil yang berasa liat tokek berjalan di selasar kampus. Tapi gue paling benci kalo dia lagi pake kemeja yang nampak kekecilan atau ngepas badan dengan lengan pendek dan ketat dan berwarna ORANGE terang, kesannya dia kayak dodol yang dikasih pemanis dan pewarna buatan..nyegrak banget. Tapi dengan dia lah semua petualangan hidupku tercerita dengan apik dan lucu….
#HARAJUKU
            Dia paling hobi nitu gaya fashion orang entah dari artis korea, agnes monica, jepang atau memadu padankan dengan glamor nya Syahrini (coba bayangkan….) . Gue inget banget, waktu itu di lagi habis nonton konser agnes monica di sebuah stasiun televisi, terus dia bilang ke gue “Gue entar mau style harajuku ah ke kampus…”
WHATT???!! (ga salah kuping gue??) “Emang lo mau pake apaan?”
“Nihh..” dengan bangga dia nyodorin syal rajutan dan tas kain.
Gue cengok ngeliatnya..
“Iya kemaren mbah gue buatin gue syal rajutan buat gue” dia memamerkan syal rajutan berwarna hijau lumut yang so pasti KONTRAS dilhernya. Trus dia lanjut memamerkan tas kain yang kayaknya dia dapet dari seminar atau waktu beli semen, karna jelas di tas kain itu bertuliskan SEMEN TIGA RODA.
            Karna keasyikan ngobrol di kos Alfa ternyata kami telat buat kuliah. Buru-buru dia pake kemeja yang bermotif kayak tokek itu, melilitkan syal rajutan wol yang berwarna hijau bikinan mbahnya, menenteng tas kain bertuliskan SEMEN TIGA RODA, celana jins potongan lebar dan sepatu fantovel. Eh celakannya ternyata ban motor ternyata kempes, alhasil kami jalan kaki ke kampus.
            Berhubung dosis keringet dia yang melebihi dibandingin ama anak SD yang lagi gugup disuruh baca puisi didepan anak-anak SMA, otomatis kemeja tokek itu basah. Kami masih sibuk mempercepat langkah si selasar kampus. Gue dah ngerasa gerah banget, dah kayak kompetisi jalan cepat di siang bolong.
“Ayo nad” Alfa dah jalan tergopoh-gopoh masih dengan menenteng tas cantiknya yang bertuliskan SEMEN TIGA RODA dan syal buatan mbahnya yang masih indah nempel di lehernya.
“Eh, Alfa,lo mau kemana? Kok jalannya cepet-cepet gitu?”cegat temen gue yang mendadak menghalangi langkah cepat kami
“Eh, aduh gue mau kuliah nih. Udah telat nih” si Alfa dan gue langsung capcus ninggalin temen gue itu.
Mendadak temen gue itu keppo dan teriak “Fa, lo dari mana sih kok keringetan gitu sambil bawa tentengan? Lo dari Pasar Beringharjo ya?”
JLEBBB…
Gue dengernya langsung pengen ketawa guling-guling di pasir..hahah…Ternyata kadang style yang kita maksud HARAJUKU malah nampak seperti orang pergi ke pasar… J

#DIET
            Kami berdua punya persamaan nasip, sama-sama pengen punya badan putih nan langsing. Di suatu malam nan galau kami mengikrarkan janji “Kita harus diet, say no buat nasi..welcome to fitnes dan jogging”
            Semenjak saat itu, hidup kamu rempong banget, rasanya hari-hari full. Dimulai jam 5 pagi harus jogging di lapangan JEC, jam 7 kuliah, jam 2 kerja praktek, jam 5 sore fitnes. Belum lagi harus nyoggrok di dapur kostan gue nunggu ngerebus kentang buat makanan kami. Hari-hari pertama sih nampak begitu menyenangkan, nungguin si kentang mateng, jogging, fitnes. Tapi hari-hari berikutnya ngerasa kayak kena siksaan batin dan jiwa.
            Sore itu setelah pulang fitnes, kami berdua ngerasa laper banget, gimana nggak laper orang kami baru mengkonsumsi kentang rebus yang setiap kali kami makan selalu kami sugestiin “enak..enak”..dengan gontai kami pulang fitnes dengan rasa lapar dan tanpa kami sadari kami sudah berada di sebuah warung makan…hehehe..
“Fa, berarti kita ngelanggar janji kita dung” sambil ngunyah NASI
“Kan kita janjinya say no nasi putih, kita kan lagi nasi goreng”
Gue langsung mengangguk kencang dan melanjutkan makan.
Yah bisa ditebak, program diet kami nggak sampe 1 bulan langsung bubar jalan.
            Waktu masa-masa diet, kami paling takut dan merasa cobaan terberat adalah waktu ketemu tukang batagor di jalan. Sebelum diet sih, kami paling sumringah kalo ketemu ama si bapak penjual batagor yang selalu lewat di depan kost gue. Tapi setelah diet, duh rasanya sedih dan tersiksa banget ngeliat bapak penjual batagor dan gerobak indahnya berlalu begitu saja, kayak anak ABG yang ngeliat Justin Bieber lewat depan mata mereka. Waktu bapaknya lewat berasa “ngawe-ngawe” manggil-manggil dan badan kami berasa kayak panci yang ditarik magnet, bawaannya pengen ngikut aja.
            Pernah suatu siang, setelah pulang fitnes (jam-jamnya setan nguji iman diet kami) , kami berdua boncengan naik motor, mendadak di gang sempit deket kost gue munculah bapak penjual batagor dari arah sebrang, kami terdiam saling berpandangan saling terharu kayak anak kucing ketemu induknya yang udah ngebuang di pasar, angin  bertiup kencang, rambut kami terbang-terbang, hidung Alfa kembang kempis, langkah-langkah gerobak dan motor kami elambat, bapak itu nampak bermandikan cahaya dan sumringah dengan batagor menggiurkan di gerobaknya. Mungkin di saat itu, si setan dan malaikat lagi sibuk berbisik di telinga gue ama Alfa.
“udah makan aja. Laper kan?Ayo pesen aja”bisik setan merah sambil bawa sepiring batagor
“jangan, itu Cuma kenyang sementara” bisik malaikat
            Kami masih mangap, terbengong sambil ngeliati si bapak penjual batagor yang nampak semakin berkilauan, terdengar backsound “pam…param..pam” nggak tau siapa yang muter lagu itu dengan efek angin yang berasa kayak di adegan film Dono waktu mandangin cewek cantik lewat.
            Setelah kami sibuk berdoa sambil komat kamit,dan istigfar beberapa kali akhirnya Alfa, menyadarkan gue yang masih terhipnotis ama pesona bapak si penjual batagor.
“Astagfirullah. Siiaaal..”Alfa langsung ngegas motor dan akhirnya cobaan di siang itu bisa kami lewati…yah alhamdulilah yah

Komentar

  1. Wuahahahahaha...... ajibb gile thu cerita, gag nyangka guweh sekeren itu...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur