Pak Sabar Subur

“Pak gempa….”

            Sapa sih orang di kampus gue yang nggak kenal ama dosen nyentrik ini. Demi keamanan gue sebut dosen nyentrik ini dengan nama pak Sabar Subur atau disingkat jadi pak SS. Bapak yang berperawakan tinggi, kurus, hobi pakai jins, kemeja gombrong, hobi membawa payung di segala musim, rambut setengah gondrong yang cenderung acak-acakan tersapu angin. Bapak ini pokoknya style anak sipil banget deh. Gak banyak mata kuliah yang diajar beliau. Sempet gue ama Alfa pernah nggak sengaja ketemu pak SS di jalan yang sedang memakai celana jins diatas dengkul 10 cm yang ujung celana jinsnya ada rumbai-rumbainya. Oke maka gue nobatkan kalo pak SS adalah dosen tergahol di kampus gue.
            Waktu semester 4, gue pernah ngambil mata kuliah beliau, dimana Cuma ada 1 kelas dan mahasiswanya Cuma 25 orang. Waktu itu kuliahnya jam 4 sore, jam-jam dimana hujan selalu datang dengan tiba-tiba, makanya kelas yang berjumlah dikit ini pasti tidak terisi penuh, mungkin yang biasa masuk hanya sekitar 15 orang, sisanya sibuk nitip absen atau pura-pura sakit. Kebetulan sore itu pak SS datang terlambat  sambil menenteng payung kesayangannya menaiki tangga menuju arah lantai 3. Baru mau memulai kelas mendadak pett lampu mati dan sukseslah kelas saat itu gelap gulita, udah kayak jaman dulu aja. Mendadak pak SS bilang “wah mati lampu ya,,,hehe,,kebetulan saya juga tidak membawa kacamata, jadi saya tidak tau sodara-sodara duduk dimana saja..kelas ini ada orang nggak ya??” mendadak sekelas saling pandang-pandangan bingung, jadi dari tadi kami nggak keliatan??haduh… dan kelas remang-remang di sore nan dingin itu menjadi kelas tergeje di sore itu
            Pak SS ini juaranya cool,waktu semester 5 gue ikut kelas beliau. Kelas siang jam 2, jam-jamnya ngantuk udah di pelupuk mata. Daripada ketiduran,jadilah mahasiswa-mahasiswa  di kelas itu pada asik ngerumpi buat ngilangin rasa ngatuk. Gue kira waktu dulu, yang hobi ngerumpi itu Cuma kaum hawa, eh ternyata kau adam nggak kalah rumpi banget. Sukseslah kelas yang saat itu 95% terdiri dari cowok rame banget serame pasar ikan. Pak SS masih asik nulis di white board dengan coolnya. Mungkin dalam hatinya “bodo amat sama lu pada, gue kasih D nyahok lu”
            Di tengah kelas yang rame,mendadak ada getaran. Seisi kelas sibuk liat-liatan. Bergetar lagi dan kali ini goyangan yang membikin kami yang dilantai 3 goyang ke kanan ke kiri, kayak pasir diayak. Langsunglah ada yang teriak “Hua gempa..” buru-buru mendadak kelas bubar kayak pedagang kaki lima di kejer satpol PP. Semua pada sibuk lari…beberapa mahasiswa yang belum sempet tanda tangan absen langsung sibuk nyari buku absen buat tanda tangan lalu melanjutkan larinya. Ternyata absen pun lebih penting dibanding menyelamatkan diri. Lalu Pak SS apa kabar???iyak Pak SS masih anteng dengan spidol dan white board nya dan ketika beliau menoleh ke belakang….ternyata semua mahasiswa-mahasiswanya sudah kabur. Jadilah kuliah hari itu sukses gagal lagi…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur