Nyokap Gue Aneh



                Boleh dibilang gue beruntung punya nyokap aneh, tapi gue sangat bangga dengan nyokap gue. Kata orang-orang gue adalah bentuk kloningan nyokap gue (Cuma versi tinggi aja..secara nyokap gue pendek). Dilihat dari tanggal, bulan, kerenggangan gigi , hidung gede, rambut dan wajah, gue itu sama persis. Sempet sih gue mikir kalo dulu nyokap gue ngelahirin gue lewat cara membelah diri (amoeba kali nyokap gue). Pernah mendadak nyokap gue menggalau ngomong ke gue “kok 3 anak mama aneh-aneh ya”. Gue hening. Dalem hati gue Cuma pengen ngomong “ma, kayaknya ini keturunan deh. Mama aja aneh”
                Gue nggak tau, kayaknya nyokap gue nih masih berharap gue jadi model dengan lekuk tubuh yang aduhai. Dalem kenyataannya gue masih selalu berselimutkan lemak dimana-mana. Kalo gue udah dirumah, nyokap gue paling sering ngomel kalo liat gue yang memahbiak (mengunyah makanan) setiap saat. Ya secara gue kelamaan jadi anak kos, jadi waktu pulang ke rumah, pikiran gue Cuma makan makan dan makan gratis, kapan lagi coba gue bisa makan gratis tanpa mikir harus bayar berapa. Pernah nih waktu itu mau acara nikahan sepupu gue. Nyokap gue udah bingung gue mau pake baju dan sepatu apa. Nyokap gue keluar masuk mall nyariin gue baju ma sepatu. Gue keluar masuk ruang makan ngambilin makan. Alhasil baju yang nyokap gue siapin sempit di badan gue. Mendadak nyokap gue nggak bolehin gue makan dan nyuruh gue nongkrong di WC buat ngeluarin semua makanan yang gue kunyah dari pagi. Siapa yang nikah, gue yang rempong. Kerempongan gue pun nggak sampe disitu aja, ketika acara nikahan pun gue harus rempong dengan high heels yang sukses membenamkan gue di tanah. Coba lo pada bayangin gimana rempongnya pake high heels di kebun bertanah lembek habis ujan, yang terjadi adalah sepatu itu nyungsep dengan indahnya, dengan terpaksa gue nyabutin sepatu di tanah (padahal penganten udah di depan gue..kagak tau ke syuting apa nggak)
                Gue ama nyokap gue boleh dibilang sangat sangat dekat. Bagi gue, nyokap adalah sahabat gue. Semua baik buruk gue, beliau tau betul. Gue biasa telpon-telponan, BBMan atau facebookan Cuma buat curhat tentang cowok ini dan itu. Pernah suatu malam yang galau, gue nyuruh nyokap gue buat nelpon gue. Inti cerita gue pengen menggalau, kenapa gue belum juga dapet pasangan. Mulailah gue cerita, diujung telpon, nyokap gue Cuma diem, narik nafas panjang, mendadak kayaknya nyokap gue mandang atap dengan pandangan kosong terus berkata “Iya ya dek, kenapa kamu belum dapet pasangan. Si A aja dah punya pacar” hiiyaaa gubrak nyokap gue malah jadi galau. Dan sukses lah malam itu gue jadi digalaui ama nyokap gue karna gue yang nggak punya pacar.
                Gue nggak tau kenapa, gue selalu aja di “kambing hitamkan” ama nyokap gue. Misalnya, kalo sisir beliau ilang, yang dicari itu bukan sisir tapi gue. Yang ilang apa, gue yang dicari. Entar ujung-ujungnya nyokap gue bakal Cuma bilang “mana sisir mama?” Gubraakk…nggak mungkin juga tuh sisir gue makan..Atau pernah juga nyokap gue yang hobi koleksi tas, ngajak gue masuk ke outlet  tas bermerk di sebuah mall di Jogja. Setau gue sih tuh ngejualin tas yang mahal-mahal banget, paling murah 1 juta berapa gitu. Gue sih pesimis masuk ke toko itu, takut nggak kuat iman liat nominal harganya. Bener aja, waktu masuk nyokap gue sok-sok ngeliat tas kecil (yang mungkin Cuma muat 1 dus kecil kue kotakan), mendadak nyokap gue nanya warna-warnanya. Pokoknya percakapan nyokap gue ma pelayan tuh toko dah meyakinkan banget seperti akan ternjadi transaksi jual beli. Sampe tuh pelayan toko naik turun manjat kursi ngambil tas yang sama dengan warna yang beda. Gue sih diem aja. Bener aja ketika nyokap gue tanya harganya, dan itu bikin gue ama nyokap gue melotot abis-abisan. Harganya 2juta sekian. WHAT??!! Tas kecil yang kapasitasnya Cuma muat 1 dus kecil kue kotakan harganya 2juta???mending beli notebook kali ya. Mendadak nyokap gue bilang ke pelayan toko yang berseragam rapi seperti pegawai bank itu “Iya, ini tas buat anak saya. Katanya tas hermes ini baru” Pelayan itu mengangguk dan hanya tersenyum
Gue manyun, sejak kapan gue mau beli tas hermes ini.
“Iya ibu ini memang tas hermes model baru, cocok kok buat anak muda”
Nyokap gue bingung cari alasan “ehm tapi warnanya jelek, ada yang ungu nggak”
“Ungu nggak ada ibu, adanya hitam”
Gue yang nggak ngeh  malah dengan gobloknya berkomen “yang item bagus kok ma”
Nyokap gue melotot, sambil nginjek kaki gue “gimana dek?? Jadi??tapi nggak ada yang ungu”
Dengan kesakitan gue bilang “Nggak jadi deh. Nggak suka warna hitam”
Dan langsunglah gue ama nyokap langsung kabur dari toko itu, dan berjanji sebelum kaya nggak akan masuk toko itu lagi.
Walaupun nyokap gue terkenal dengan keanehannya, tapi beliau adalah orang yang selalu menjadi alasan gue buat tegar sampe sekarang dalam menjalani kehidupan. Menurut gue, nyokap adalah seorang wanita kuat, yang berjuang keras buat keluarga dan anak-anaknya. Love u mom… J         

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur