Tawuran

         Mengutip dari sebuah tweet-an temen gue "tawuran SMA itu salah satu franchise sukses di indonesia"-(@nuelandreas)
         Bisa dikatakan tuh tweet ngejleb banget,gimana ga kayak gitu,tuh berita nyaris tiap hari....gue ga ngerti apa emang lagi jamannya bertawur ria...lebih miris lagi yang jadi korbannya itu pihak yang ga salah dan ga tau sama sekali.....
        Trus pertanyaannya adalah buat apa lo sekolah bro????ilmu kagak dapet, dan cuma buang-buang duit ortu lo...mending lo sumbangin deh tuh uang spp buat anak yang emang pengen sekolah.
        Kadang ada beberapa pihak yang mengatasnamakan tawuran sebagai tradisi..wah kalo diatasnamakan tradisi antar SMA A dan SMA B berarti bakal akan terus dibiarkan tawuran itu mendarah daging, karna sebutan tawuran adalah tradisi.
        Tawuran di dunia nyata pun selalu saja membawa efek pembully-an massal di jejaring sosial. Parahnya adalah ketika yang di bully misal pacar korban yang meninggal, korban yang sudah meninggal, pacar tersangka yang ga tau menau, atau akun tersangka yang sebenernya ngapain di follow. Akibatnya, jejaring sosial bakal rame dengan pembully-an kasar nan keji dan yang banyak berbicara adalah anak-anak SMA lain yang gue yakin ga tau duduk permasalahan dan ga berkompeten untuk berbicara dan nge-judge siapa yang salah. Kadang dalam hati gue sering banget pengen teriak ke anak-anak yang sok asik nge-bully di jejaring sosial dengan kata-kata nggak pantas "lo tuh sama aja ngajak tawuran di dunia maya yang dosanya sama aja kayak lo tawuran di dunia nyata dan emang sih lo ga ngebunuh orang, tapi lo udah ngebunuh karakter orang"
        Jadi gue sih berharap, buat anak-anak yang ngerasa muda atau berjiwa muda atau orang-orang di luar sana untuk berkata "tidak" untuk tawuran dengan alasan apa pun. karna kalo kita sadar hak dan kewajiban kita sebagai makhluk Tuhan yang paling WOW, gue jamin lo pasti nggak akan pernah ikut tawuran/keroyokan massal/main hakim sendiri. dan ingatlah negara kita itu punya hukum dan undang-undang. so, lo nggak mau kan di masa muda lo hanya dipenuhi dengan reputasi buruk lo dengan banyak catatan hitam  di kepolisian???jadi bijaklah melangkah di masa muda :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur