Balada Tesis



                Untuk yang satu ini emang gue kayak kepentok di jalan buntu dan ketemu preman-preman teller lem aibon. Gimana kagak, gue yang udah mulai penelitian dari mei sampe sekarang belum maju selangkah pun. Padahal gue udah bolak balik jogja-palembang demi ngapelin bapak-bapak di kantor buat minta data. Eh ga taunya gue Cuma mentok di tangan pembimbing gue.
                Gue kadang ngerasa kalo dosen pembimbing gue itu sukses nge-PHP-in gue. Tiap hari gue nemuin dia, tapi selalu aja apa yang gue buat selalu salah dimata dia. Padahal gue udah kebelet banget buat seminar proposal.
                (Jadi di tempat gue tuh kalo mau tesis harus seminar proposal dulu, nulis tesis, seminar akhir baru deh pendadaran)
                Yang kadang bikin bête adalah ketika gue harus ngantri nunggu giliran buat bimbingan, rasanya gue pengen ngdobrak pintu dosen trus bilang “lo tuh tega banget nyuruh gue nunggu lo terus. Lo pilih gue apa dia?” mungkin setelah gue ngomong gitu besoknya gue udah dikeluarin dari jurusan.
                Ya kelebay-an gue jelas punya alasan, ga lebih ga bukan karna gue udah terlalu jenuh dengan ketidakpastian yang ada di depan mata. Ga pasti kapan gue seminar, padahal gue Cuma berharap gue bisa cepet ngelewati masa ini dan bisa pulang ke kampung halaman dengan gelar tambahan.
                Masa-masa tugas akhir emang bikin meningkat tingkat kesensivitasan kita. Sadar ga sadar pasti deh kita bakal sebel banget kalo ada orang yang nanya “gimana tugas akhir/skirpsi/tesis lo?jadi kan wisuda bulan depan” pertanyaan simple sih tapi sukses bisa bikin kita sakit hati.
                Masa kayak gini emang masanya ga enak. Rasanya lo pengen menyendiri tanpa ada orang yang bertanya “gimana dengan tugas akhir lo”. Dan mungkin orang-orang yang lagi di masa krisis kayak gue bakal mungkin lebih seneng menyendiri di kost-an entah Cuma sekedar tidur, nangis meratapi tugas akhir yang ga jelas, atau sekedar mengotak atik tulisannya sampe laptopnya nge-hang.
                Mungkin para korban tugas akhir kayak gue rasanya Cuma pengen teriak “plisss ngertiiinn gue” ke dunia. Dan tiap malam selalu request ke Tuhan buat mimpi memakai toga. Ya emang kornan tugas akhir itu sama rasanya kayak di PHP-in gebetan terus sambil ditanyain ortu kapan mau nikah. Ga jarang banyak korban-korban berjatuhan di tengah jalan dan memutuskan buat pergi ninggalin tugas akhirnya. Ya tapi dengan tugas akhir sebenernya kita seperti diuji tanggung jawab kita. Ga masalah sih berapa tahun lo kuliah atau nilai apa yang lo dapet. Tapi ketika lo mampu menyelesaikan tugas akhir lo itu sama artinya lo tanggung jawab dengan pilihan hidup lo buat kuliah, ya walaupun kenyataannya memang ditengah proses menulis tugas akhir kita bakal terganjal banyak hal, so tetap semangat guys menyelesaikan tanggung jawab lo!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur