Bus Transjogja (Part I)


                Yang namanya bus TransJogja bagi gue 6 bulan ini bener-bener sangat berarti, tanpa nih bus mungkin gue nggak bakalan sampe ke kampus tercinta gue. Bus TransJogja adalah salah satu jenis bus umum di kota Jogja yang hampir mirip dengan Busway di Jakarta, bedannya Cuma bus Transjogja belum punya jalan sendiri (masih nyampur sama kendaraan umum lainnya). Berhubung gue kuliah tiap hari, dan dalam sehari gue bisa ngabisin waktu 3 jam di bus jadi gue udah banyak banget pengalaman dan cerita di nih bus.
                Di kendaraan umum seperti ini pasti mau nggak mau kita harus bisa bersosialisasi dengan orang. Mulai lo bisa cerita geje dengan orang geje, bahkan bisa jadi lo dapet gebetan dari sini. Entah kenapa gue sering banget bertemu dengan orang geje di bus ini. Mulai dari bule yang ngupil trus dimasukin ke mulutnya sampe seisi ketawa-ketawa jijik, ditanyain alamat ama bule pake bahasa inggris trus gue Cuma bisa ngelongok parah karna ga dong.
                Gue pernah nih disuatu pagi, dimana gue udah telat kuliah 1 jam, jadilah gue ga punya waktu catokan buat ngecatok poni gue yang dah dari lahir udah keriting ini. Eh tanpa sengaja malah menimbulkan jambul model baru (oke kata ketua kelas gue, jambul gue namanya jambul Monjali) dengan buru-buru gue naik bus transjogja yang kali itu lumayan padet orang. Gue duduk manis di samping pak kusir,,,eh maksudnya di samping seorang bapak-bapak parlente. Gue sengaja memasang headset di kuping gue sambil ngederin beberapa playlist lagu. Mendadak bapak itu (sebut aja om X) ngajak gue ngobrol, sebagai wanita baik-baik gue pun meladeni si om itu berbincang.
Om         : mau pergi kuliah ya
Gue        : iya pak (gue ngelepas headset di kuping kiri gue)
Om         : kuliah dimana???
Gue        :di U*M (maap gue sensor demi nama baik kampus gue….aib punya mahasiswi kayak gue)
Om         :Lho??emang kos dimana
Gue nyengir kecut, gue udah ngerti arah pembicaraan tuh om berperut buncit dengan suara membahana yang bikin gue dipandangin seisi penumpang bus. Intinya tuh om marahin gue yang ngekost jauh dari kampus (yang harus nempuh perjalanan 1 jam dengan bus, dimana tidak ada perbedaan waktu antara kos dan kampus,,,,)
Om         : (om berperut buncit itu ngebacot sambil marah-marahin gue)
Gue senyum sambil memandang seisi bus yang ngetawain gue. Sial amir gue, udah telat pake diceramahin ama om-om yang notabene bukan om kandung gue..damn for everything lah..
Om         :Bapak kamu kontraktor ya?? (ne om nebak dengan sotoynya…bukan lagi nggombal lho)
Gue        :bukan pak
Om         : (si om ngangkat alisnya seblah)
Gue        : Bapak saya pensiunan PNS B*KB*
Om         : Oh yang tentang KB ya??yang slogannya “dua anak saja” ya??
Gue manggut sambil nyengir geje
Om         :Wah pasti anaknya juga Cuma 2 ya???
Gue        : (gue nyamber sekilat bajaj yang dipasangin Nos) Nggak, 3 pak…ehhehehe
Om         : Wah,,,,gimana ini,,,pasti yang anak ketiga itu SETAN
Gue        : Berarti saya dong pak, saya anak ketiga lho pak
Dengan membahananya tuh seisi bus ngetawain gue..kancrut banget dah,,,,Dan gue dipermalukan ama tuh om-om nyaris 1 jam dengan petuah-petuah yang tak kalah gejenya dan gue lagi-lagi Cuma bisa mesam-mesem sambil nulis status di BBM gue “keluarkan gue dari bis ini”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur