Pak Sabar Subur + Gue = %$^&R&&T

            Setelah asik KP dilapangangan, tiba juga saatnya untuk ngerjain laporan KP. Kebetulan kami berdelapan mendapat dosen pembimbing KP yang berbeda-beda, yang diundi dan dipilh dari prodi. H-1 sebelum pengumuman dosen pembimbing rasanya mual dan deg-degan, takut dapet dosen yang killer. Dengan hati-hati gue baca surat kuning dari TU…eng..ing…eng..gue ngebaca nama dosen..WHAT???gue dapet dosen Pak Sabar Subur yang terkenal nyeleneh dan gahol itu??? Sebentar gue inget-inget, gue udah 2 kali dapet nilai C dari mata kuliah beliau, duh apa jadinya. Ekspresi gue datar, ekspresi temen-temen gue…huh nyebelin banget,,,mereka sibuk tertawa nggak jelas sambil berkata “Wah cocok ya, lo nya gila, dosen lo juga..hahah” gue nggak tau kata-kata itu sebenernya sanjungan, motivasi atau hanya kata-kata nggak penting. ALAMAKJANG….yang pasti gue berniat nggak akan terlalu sering ketemu sama biliau daripada terlibat pembicaraan yang nggak jelas tingkat tinggi.
            Akibat kecerobohan gue yang nggak pernah nyicil nulis laporan selama KP lapangan, jadinya gue Cuma punya waktu 2 bulan untuk nyelesain 6 bab laporan plus gambar-gambarnya. Asistensi pertama, gue langsung bawa bab 123 ke Pak SS. Dan apa yang terjadi?? Sukses banget pak SS nyoret-nyoret laporan gue. OMG…..Asistensi kedua, gue masih bawa bab 1 2 3 yang udah gue revisi, yang setengah mati gue ketik sebelum kuliah dimulai (kebetulan gue ngulang mata kuliahnya pak SS)
Gue      : Pak ini hasil revisian saya
Pak SS  : Saudara ngulang ya di kelas saya ini?
Gue      : Iya pak (sambil senyam senyum)
Pak SS  : Dulu saudara dapet nilai apa di mata kuliah ini?
Gue      : C pak
Pak SS  : Kok sekarang, nilai UTS nya Cuma 25??
Gue      : Ha?? (setengah bingung) Ini pak ( nyodorin laporan gue dibanding ditanya tanya tentang mata kuliah ini)  
Pak SS  : (ngoreksi laporan gue) kok saudara sekarang rajin kuliah??sekalian asistensi ya??
Gue senyum malu. Gila, hapal banget ni pak SS kalo gue jarang masuk, emang sih seinget gue udah 3 kali ijin (pura-pura) sakit dan 2 kali bolos.
            Nyaris 20 menit gue nunggu pak SS ngecek, tiba-tiba ngerasa deg-degan apalagi setelah gue denger kalo minimal harus ngabisin 2 semester untuk nyelesain laporan KP dengan bimbingan beliau.
Pak SS  : Kalo dengan saya, nggak ada ujian akhirnya.
Gue sumringah…
Pak SS  : Tapi, setiap asistensi saya akan memberikan pertanyaan buat saudara dan harus di jawab  untuk penilaian akhir
WHATTT???!! Jadi ceritanya sekarang gitu???Tapi…tapi gue belum belajar..jeng…jeng
Pak SS  : Jadi sekarang saudara ceritakan apa yang saudara liat dari awal di lapangan
Gue      : (bla,,,bla,,,gue ngebacot sebisa gue) Gitu pak
Pak SS  :  (senyum tanpa arti diiringi dengan menggaruk rambut abu-abunya) cerita itu gampang, sekarang saudara coba gambarkan (sambil nyodorin gue kertas bekas undangan dan pena)
Gue      : Gambar pak? Gambar apa pak? (sumpah gue nggak ngerti)
Pak SS  : Iya gambar dari awal. Dimulai dari tempat memproduksinya
Mampus gue bingung mau gambar apaan. 5 menit gue corat coret kertas nggambar tempat memproduksi tulangan, sambil sesekali gue ngelirik ke plafon sambil nginget-nginget.
Pak SS  : Saudara gambar apa? Kok malah gambar rumah?
Pak SS nampak kaget liat gambar hasil mahakarya gue.
Gue      : Bukan rumah pak, ini tenda tempat memproduksi tulangan
Gue nyengir tanpa salah dan Pak SS menghela napas sangat-sangat panjang.
Pak SS  : Ya sudah dilewatin saja, sekarang saudara gambar mulai dari kolom dan balok precast hasil cetakan dan cara pemasangannya
Nah lho, gimana lagi nggambarnya…gue masih nyoret-nyoret kertas itu.
Pak SS  : Kamu kok gambar becak?
Pak SS mengernyitkan dahi,.,,gue panas dingin.
Mendadak gue kehilangan akal, dan mulai mencoret gambar “becak” itu terus terdiam bingung.
Pak SS  : Kok diam? Ayo gambar seperti saudara ceritakan tadi
Gue      : Maap pak yang tadi saya gambar itu bukan becak tapi crein  (alat berat). Maap pak saya bingung nggambar crein itu gimana
Sempet sih gue mau nanya “maap pak para pekerjanya juga perlu saya gambar?”
Oke gue bego…teng tong
Pak SS mendadak ngeluarin sapu tangan dan mengelap keringat…
Setelah pancingan Pak SS, akhirnya gue mulai bisa menjawab satu persatu pertanyaan. Dan gue baru paham yang dimaksud gambar itu gambar teknik seperti menggambar kolom dan balok beserta tulangannya…oke gue keliatan goblok banget.
            Asistensi berikutnya, pak SS lebih memilih membawa pulang laporan gue dibanding harus ngobrol ama gue yang sangat-sangat bodoh.
            Berhubung waktu gue mepet, dan tidak diimbangi dengan pertemuan gue ama pak SS di kampus, makanya gue mau nggak mau harus menyambangi rumah beliau, dibanding gue harus lari-lari dikampus mengejar sosok pak SS yang jangkung dan hobi membawa payung.
            Dan siaplah malam minggu itu gue kayak mau kencan dandan rapi sambil nenteng laporang 150 lembar. Gue sengaja ngajak Alfa buat nemenin gue, biar ga ngerasa gugup. Kami yang Cuma bermodalkan alamat pak SS yang kami minta di TU. Kelilinglah kami mencari rumah pak SS, sudah 2 kali mutar muter tapi nggak juga nggak ketemu rumah Pak SS, lalu kami berinisiatif untuk bertanya. Parkirlah kami di depan sebuah rumah. Kami celingak celinguk mencari orang untuk bertanya. Nampaklah ibu-ibu gemuk memakai daster yang lagi nongkrong di depan sebuah rumah yang letaknya 3 rumah dari rumah tempat kami memarkirkan motor. Alfa dengan semangat menghampiri ibu-ibu itu, lari dengan tergopoh-gopoh, sedangkan ibu itu nampak takut didatangi manusia berlobang hidung 5 cm “Maap bu, mau nanya, rumahnya pak SS dimana ya?”
“Itu, tempat mas markirin motor”
Heyaaa ternyata kami memarkan motor di depan rumahnya pak SS. Dengan sigap kami memasuki rumah pak SS.
“Eh, lepas sandalnya, neng” Alfa nyuruh gue ngelepasi sandal gue yang udah terlanjur gue pake nginjek-ngienjek teras rumah pak SS. Buru-buru gue lari ngelepas sandal sebelum pak SS ngeliat gue
“Permisi…tok…tok”gue ngetok pintu kaca rumah pak SS
“Neng, pencet belnya dong” Alfa gregetan ngeliat gue yang dari tadi sibuk ngetak ngetok pintu padahal ada bel.
            5 menit kagak ada orang. Mendadak ada cowok lewat yang nggak sengaja ngeliat gue ama Alfa yang sibuk mencetin bel sambil ngetok-ngetok pintu kaca itu. Cowok itu ndeketin pintu itu dan bertanya dari balik kaca.
“Mau cari siapa”
“Ada Pak SS?”
“Dari mana?”
“Saya mahasiswanya, mau asistensi laporan, mas” gue senyum manis
“Oiya sebentar” cowok itu masuk lagi ke dalam tanpa ngebukain pintu. Eeebuset, segitu seramkah tampang gue ama Alfa sampe nggak dibukain pintu. Kemudian cowok itu datang lagi sambil membawa kunci. Masyallah ternyata pintu itu dililit rantai dan gembok gede. Gue ama Alfa saling berpandangan.
            Gue ama Alfa duduk di sofa sambil sibuk mengamati seisi rumah pak SS. Setelah pak SS dateng, sibuklah gue dan pak SS berdiskusi tentang laporan gue. Sesekali nampak istri Pak SS yang sibuk mondar mandir lewat didepan kami sambil sibuk menelpon teman arisannya dengan suara membahana. Sedangkan Alfa dari sejak masuk ke rumah sampai mau pulang sibuk membersihkan kedua telapak kakinya dari debu sambil mengupdate status FB nya
“Gue berasa kejebak di situasi aneh. Dimulai dari cowok bongsor yang tidak membukakan pintu, rantai gede yang melilit di pintu, suara ibu-ibu yang asik telpon-telponan sama temen arisan sampe lantai rumah dengan debu tertebal di abad ini.”
            Otomatis pulang dari rumah Pak SS kami langsung cuci kaki, berasa jalan di atas pasir. Tapi alhamdulilah yah…di rumah inilah gue dapet nilai A dan bisa menyelesaikan laporan dengan tepat waktu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur