Musim Orang Gila

“kayaknya gue salah nanya deh…”

            Kalo biasanya ada musim duren, musim rambutan atau musim belah duren, maka gue yakin adakalanya musim orang gila. Musim dimana tiap beberapa meter lo bisa nemuin orang gila pada keluyuran di jalan dengan tanpa malunya nggak pake baju (maklum orang gila). Menurut ahli kejiwaan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan orang menjadi gila. Misalnya karna diputusin, karna bangkrut, karna gagal jadi caleg, atau memang ada faktor genetiik. Yang jelas, gue punya traumatik dengan yang namanya orang gila.
            Dalam imajinasi gue, orang gila itu look nya hampir sama dengan manusia purba, yang cenderung menggunakan baju compang camping dengan rambut acak-acakan lalu berkata “hula…hula” Tapi nggak semua orang gila kayak gitu, ada juga orang gila yang kelihatannya rapi, kumisan, klimis, ngerokok dan nongkrong di depan rumah, kayak orgil yang pernah gue tanyain alamat.
            Kebetulan gue yang waktu itu lagi nyari alamat, berhubung gue ngeliat ada orang lagi nongkrong di depan rumah, tanpa basa basi gue nanya alamat “Mas, permisi numpang nanya, jalan Mangga III itu dimana ya?”
            Setelah gue nanya, mas itu Cuma ngelirik gue terus ngelanjutin acara ngerokonya. Gue Cuma mesam mesem ga jelas nahan malu dicuekin orang. 5 menit gue nunggu tapi kagak ada respon juga, mau kabur kayaknya ga sopan, gue masih berusaha senyumin mas-mas itu.
            10 menit,,,,,
            Sumpah gue kayak dilalerin, mana nggak ada orang lain lagi,sial banget deh gue.
            Gue noleh kanan kiri, masih aja kagak ada orang disitu. Gue masang muka melas. Tiba-tiba dari sebrang jalan ada yang teriak ke gue
            “Mbak, jangan nanya ke dia, dia gila”
            Gue syok.
            Mati kutu, gue natap orgil itu, orgil itu natap gue sambil ngetawain gue. Gue salah tingkah. BANGKE masa gue diketawain orang gila sih. Gue gemeteran, rasanya mau ngompol di celana. Tanpa ba bi bu gue langsung lari tunggang langgang ninggalin orgil itu yang kayaknya puas banget ngetawain gue.
            Beda lagi cerita waktu gue SMA. Kali ini gue nggak bisa bedain antara orang gila ama orang mesum. Waktu itu gue ama temen-temen gue yang cewek semua baru pulang dari warnet, kebetulan ada seorang bapak yang tiba-tiba manggil “neng..” berhubung kami adalah wanita-wanita baik hati dan suka menabung langsung dengan polosnya temen gue menjwab “iya pak,ada apa??” Tanpa dinanya si bapak berkata “neng, minta nenen”
            Rasanya kesamber gledek.
            Darah kami semua berasa naik sampe ubun-ubun.
            Kami syok ngeliat si bapak yang masih tersenyum manja, yang sepertinya berharap kami susui (najis)..bener deh rasanya udah pengen cepet-cepet pulang ke rumah trus nangis dibawah air pancuran. Untunglah ada anak muda disitu menjelaskan bahwa si bapak tadi orang gila yang omongannya ngelantur.
            Pokoknya gue parno kalo masalah orang gila apalagi kalo situasinya lo harus lewat sebuah gang sempit yang nan sepi yang ditengah gang tersebut duduklah seorang orang gila, yang gue lakuin pasti bakal jalan dengan se cool mungkin, pas tepat di depan orgil itu gue bakal memperlambat langkah gue sambil nahan napas, trus bakal lari sekenceng-kencengnya. Gak tau kenapa, gue kebiasaan kalo lewat di depan orgil selalu nahan napas (berharap ga diliat). Padahal orgil kan beda ama vampire.
            Tapi pengalaman paling ekstrim yang gue alami tentang orgil adalah waktu gue liat orgil-orgil pada hobi keluyuran di deket kampus dan kos gue. Kalo nggak salah inget, itu kejadian di tahun  2008 akhir. Gue nggak tau juga kenapa mendadak pada musim orgil berkeliaran di jalan, secara mereka kagak pernah curhat ama gue. Tapi gue sih maklum kalo ada musim orgil kluyuran dibanding musim orgil kawin pasti lebih serem lagi (bayangin tiap beberapa meter lo bakal ngeliat ada orgil lagi akad nikahan..serem kan…bikin iri lagi pastinya). Oya lanjut, nah kebetulan sore itu, gue ama temen gue lagi nyari tempat fotocopyan di sekitar kost an gue. Tuh bulan deket-deket lebaran, jadi pada banyak bocah-bocah maen petasan di jalan. Mendadak gue yang lagi dibonceng temen gue ngeliat bocah-bocah lagi rame ngerubungin sesuatu. Berhubung gue punya feel keppo yang tinggi, gue penasaran banget, siapa tau ada bagi-bagi takjil gratis kan lumayan. Eh ternyata tuh bocah-bocah lagi ngerumunin orang gila yang kebetulan lagi JJS di situ. Orang gila yang tampangnya cool, kumisan, nggak pake baju hanya memakai celana bolong yang memamerkan bokongnya dan dengan rambut kusut. Bocah-bocah sibuk nepok tangan (dikira acara ulang tahun kali ya..) sambil ngikutin tuh orang gila, orang gila itu masih cool sambil menikmati JJS nya saat itu. Bocah-bocah sibuk teriak “orang gila…orang gila..” tapi tuh orgil masih cuek, mendadak ada bocah yang kayaknya gemes ama tuh orgil dan langsung melemparkan sebuah petasan yang bertangkai bambu ke arah orang gila. Dan yak..tuh petasan dengan indahnya nyangkut di rambut orgil itu udah kayak tusuk konde nyangkut di konde. Mendadak orgil itu nyebrang jalan dan berhenti di tengah jalan tepat malang jalan motor gue dan temen gue. Sial banget deh. Gue panik. Panik ngeliat orgil dan panik ngeliat tuh petasan yang berasap di rambutnya. Gue dan temen gue panik saling liat-liatan takut kalo si orgil mendadak minta tebengan sampe di ujung jalan. Gue Cuma mandangin tuh petasan yang ada di kepala orgil itu, takut kalo meledak dan tiba-tiba kepalanya pecah tercecer, gue nggak bisa bayangin. Tapi alhamdulilah yah…api di petasan itu mati karna rambut orgil yang sepertinya lembab dan ga jadi meledak. Yah alhamdulilah yah…sesuatu banget deh,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur