Liburan ke Ragunan



         Ceritanya pas tanggal 2 Agustus kemarin gue, suami dan anak-anak gue (alias 3 boneka kesayangan gue yang suami gue bawa di tas ranselnya) memutuskan buat ngisi sisa liburan lebaran buat jalan-jalan di sekitaran jakarta aja. Suami ngusulin buat ke ragunan, gue sih pengennya ke kota tua atau TMII. Tapi mikirin jauhnya, gue jadi males, maklum kami abis mudik dari jakarta-surabaya-sidoarjo-malang-kediri-jogja-jakarta dalam 12 hari via jalan darat, tau sendiri kan encoknya nih pinggang dan leher.
        Jam 11 kami pun naek transjakarta dari grogol ke harmoni terus ke monas. Kayaknya hari sabtu gini banyak yang mau tamasya juga. Gue mendadak ngeliat museum nasional (museum gajah) jadi pengen kesana, kayaknya lebih enak dibanding harus ke ragunan yang masih jauh, tapi ya sudahlah sudah kepalang tanggung. Kami pun menunggu  bus transjakarta menuju ragunan tapi lama, kami pun mengobrol dengan ibu-ibu lain yang kebetulan mau ke ragunan, ternyata bus ke ragunan bisa dari halte Harmoni. Tampak juga ada bus Kopaja AC jurusan Monas-Ragunan yang nawarin untuk naik tapi harus bayar Rp. 5000 lagi, kami pun memilih menunggu bus trans. akhirnya ada bus trans jurusan Ragunan yang lumayan sepi, kami pun masuk dan segera duduk, soalnya jarak lumayan jauh kalo harus berdiri ga tau gimana lagi capeknya.
         Ini buat pertama kali gue ke ragunan dan ngelewati jalan-jalan yang belum gue pernah lewatin selama ini. maklum gue di jakarta baru sekitar 5 bulan dengan aktivitas ke luar kost-an yang begitu jarang, jadilah gue buta jalan di jakarta.
         Di dalam bus banyak ibu-ibu dengan anak-anaknya yang nampaknya juga mau ke ragunan. Banyak juga ABG yang berpakaian "fashion disaster" (kalo kata kakak gue). Sesekali gue ngelirik ABG yang ngiket kepalanya dengan kain syal, jadilah dia kayak pocong dalam bis. Di jalan gue udah bayangin sih gimana ramenya Ragunan, karena sebelumnya gue udah browsing di internet tentang harga karcis ragunan yang murah meriah. Gue jamin pasti rame.
         Gue pun sampe di halte ragunan, udah kerasa gimana ramenya. Turun dari halte, kami disambut ibu-ibu yang nawarin jual tikar. Kami pun langsung menuju loket tiket. Disana di tulis harga tiket DEWASA 4.500 dan ANAK-ANAK 3.500 (harga sudah termasuk asuransi). Gue pun ngantri, sengaja gue pake uang 10.000, pas gue bayar gue cuma dikembaliin 500, agak heran sih. Tapi gue denger ada mbak-mbak yang senasip sama gue. Jadi gue pun nggak tau kenapa.
Pantat ibu dan anak Gajah Sumatera
          Gue masuk lewat pintu utara, dan gue bisa ngeliat lautan manusia dan lautan mobil yang mau parkir di dalam. Gue jadi bingung dengan konsep kebun binatangnya (gue ngebandingin dengan kebun binatang yang pernah gue datengi Gembira Loka dan Secret Zoo). Gue ngeliat di dekat pintu masuk ada kolam besar yang sudah rame dengan orang-orang. Gue pun sebagai orang Indonesia sejati (selalu kepo dan tertarik kalo ngeliat ada rame-rame orang) ikutan ngeliat, oh ternyata ada hewan sejenis burung plikan. Gue pun mencoba memfotonya. Lalu lanjut gue sama suami gue jalan, tapi jalan kami tidak nyaman karena jalanan dipenuhi mobil macet karena ingin parkir. Gue pun ke kandang gajah sumatera,gue ngeliat mama gajah sama anaknya. Mama dan anak gajah kayaknya lagi malu, jadilah kami cuma dipantatin. Dan gue pun cuma berhasil moto pantat gajah.
Foto bareng patung kakak adek jerapah
          Gue pun jalan lagi, berharap ketemu hewan kesayangan gue, kudanil dan jerapah. Tapi mendadak gue pusing sendiri dengan keadaan ragunan yang dipenuhi lautan manusia, mobil dan terik matahari, baju gue basah. Akhirnya gue milih foto bareng patung jerapah, lumayan deh buat kenang-kenangan kalo gue pernah ke ragunan.
           Gue sama suami jalan terus, melewati tempat naiknya penumpang ke kereta kelinci gitu dan gue ngeliat ngantrinya lebih panjang dari tali tambang di 17an di RT gue. Terus gue menuju kandang besar lainnya, dan ternyata kandang gajah lagi. Gue nggak tau bedannya gajah yang tadi sama yang ini, karena gue kesusahan ngeliat tulisan penjelasannya. Karena panas terik, gue pun memutuskan membeli es krim di mbak-mbak yang jualan, gue pun beli salah satu es krim cup yang biasanya cuma goceng, dan alangkah kagetnya gue waktu si mbak itu bilang "15 ribu mbak" ...idung gue megar nggak percaya "apa???!!!15 ribu"..gue pun terpaksa ngebayar..suami gue senyum-senyum.
           Sambil makan es krim gue jalan ke kandang terbuka besar yang ternyata berisi komodo. Lalu berjalan lagi ke kandang yang petunjuknya bertulis Kangguru, namun setelah diliat ternyata burung unta. Kami pun berjalan lagi, dan tiba di bagian center. Gue ama suami ngebaca peta lokasi yang terpampang di dindingnya, mengira-ngira lokasi kami sekarang, dan kami pun berencana ke arah letaknya jerapah.
           Setelah 10 menit jalan kaki, kami pun nyasar. Kami duduk di trotoar dekat kandang monyet, siamang dan teman-temannya. Kami benar-benar ngerasa kayak orang tersesat dan putus asa. Gue pun noleh ke suami gue "Yah, kita balik aja yuk dibanding tersesat lagi" suami gue nggangguk "iya ke mall aja yuk bun". Nggak tau gue berasa bahagia...hahhaa..berasa tenaga gue buat jalan mendadak full. Setelah jalan 10 menit kami pun nyasar lagi setelah baca beberapa petunjuk. Kami nggak tau tadi masuk lewat pintu mana.
           Setelah nyasar beberapa kali, akhirnya kami pun nemu jalan keluar. Buru-buru kami beli cilok buat ngganjel perut. Nah nggak lupa juga gue beli oleh-oleh khas ragunan alias beli boneka. gue nggak tau gimana sejarahnya, tapi yang jelas banyak pengunjung kalo pulang dari sini pasti beli boneka. Gue beli boneka jerapah berukuran sedang dengan harga 35ribu, harga yang termasuk murah. Dan gue sama suami pun pulang dengan bis Kopaja AC 5000 menuju ke sebuah mall.
             Jujur aja, ini pengalaman pertama ke kebun binatang tapi susah bertemu binatang...ENJOY JAKARTA....


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur