Pembantu baru

Semenjak mbak nanik resign dari rumah gue dan lebih memilih jadi penjaga warnet di kampungnya,kehidupan keluarga gue pun jadi galau. Gimana nggak, semenjak mbak nanik nggak ada rumah gue pun jadi berantakan, dimulai dari debu di lantai yang udah setebel karpet sampai piring yang haus akan bilasan air di dapur. Kadang kalo gue capek beresin rumah rasanya pengen teriak "mbaaakkk nanikkk....tidaaaakk"...belum lagi klo gue harus nyikat lantai kamar mandi, dengan galau gue nyanyi lagu khusus buat mbak nanik " andaikan kau datang kembali,,," sambil ngosek-ngosek closet di kamar mandi.

Ya kadang kita nggak tau arti dari kehadiran seorang pembantu,setelah kita kehilangan dia. Itulah yang gue rasa semenjak mbak nanik pergi. Kadang gue buka kamarnya,tapi yang ada cuma kenangan mbak nanik (hihihihi lebay)

Nyokap pun berniat buat nyari pengganti mbak nanik, tapi sampai 2tahun berlalu pun, belum dapet juga penggantinya. Jaman sekarang, mencari seorang pembantu yang memang bener-bener kerja itu susah banget. Orang-orang lebih memilih jadi seorang buruh pabrik dibanding seorang pembantu, alasannya bukan hanya sekedar gaji tapi terlebih karena gangsi. Di dalam negri yang kurangnya SDM untuk jadi pembantu malah berbanding terbalik dengan berlomba-lombanya orang -orang indonesia yang jadi TKI atau TKW. Padahal kerja diluar negri tidak menjamin seseorang menjadi kaya,bahagia dan terhindar dari tindak kekerasan dari majikannya. Menurut beberapa penelitian sih, salah satu faktor penyebab TKW disiksa majikan adalah karena majikan tidak puas dengan kerja pembantunya karena sang pembantu kurang memahami perintah majiksn karena terkendala bahasa. Nah jika orang indonesia bekerja menjadi pembantu di negri sendiri, kan bisa ngurangi faktor ini. Mungkin nanti,bisa-bisa terjadi "pertukaran pembantu" ...dimana akan ada TKA (tenaga kerja asing)  di negri kita...gue nggak bisa bayangin klo nanti di rumah gue ada pembantu dari amerika bisa-bisa gue sungkan nyuruh-nyuruh karna gue minder nggak bisa bahasa inggris. Atau klo penduduk di bumi udah nggak ada lagi yang mau jadi pembantu, siapa tau pembantu di import dari planet lain..jadinya pembatu lo itu sebangsa alien...hiiii serem

Setelah hampir 2tahun tanpa pembantu, akhirnya ada  juga calon pembantu ysng mau dateng. Kami sekeluarga pun harap-harap cemas menantinya. Dan waktu dia dateng, dia pun keliling di dalem rumah gue sambil matanya menerawang. Gue sempet curiga, klo dia itu goshbuster yang menyamar jadi calon prmbantu . Dan akhirnyà dia berdiskusi sama nyokap gue, dan nyokap gue pun ikut matanya menerawang ke langit-langit rumah, gue sempet mikir klo nyokap gue pun ikut kesurupan. Akhirnya nyokap gue pun ngangguk sambil mikir. Ternyata nyokap gue baru mengadakan negosiasi gaji sama pembantu baru gue. Dan ternyata,pembantu baru gue ini tadi menerawang luasan rumah gue dan gajinya.

Akhirnya di rumah gue pun ada pembantu baru, gue manggilnya Ayuk (panggilsn mbak dalam bahasa palembang). Ayuk kerja di rumah gue sehari cuma 2 sampai 3 jam, habis itu dia pun akan kerja di 3 rumah lain di komplek deket rumah gue.

Hari pertama dia kerja, dia sudah bikin nyokap gue stres, gimana enggak, dia nggak mau nyuci seprei dengan alasan ga ahli terus dia bilang gini ke nyokap gue "tante,tante kan nganggur, tante aja ya yang nyuci seprei"...nyokap gue melotot
Besoknya, si ayuk bilang lagi "tante, aja yang setrika ya,,,aku nggak rapi sih klo setrika"
Besoknya lagi dia ngambek ga mau nyapu karna dia nganggep sapu di rumah gue butut
Besok besoknya lagi dia ngomel ke nyokap gue "tante, tante belilah alat ngepel, yang ini udah jelek"
Dan besok-besok besoknya lagi, dia ngedorong kereta bayi ponakan gue sambil bilang "ringam be" (dalam bahasa palembang artinya : bikin ganggu aja) waktu dia mau ngepel di rumah gue
Dan semua itu ternjadi selama 3bulan..nyokap gue menghela napas sambil bilang gini "dimana-mana biasanya pembantu yang betah-betahin sama majikannya. Ini malah majikan yang betah -betahin punya pembantu kayak gini" nyokap gue terus merenung

Ternyata pembantu baru bukan solusi bisa bahagia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur