Nathan dan Bibi


Barusan gue abis buka-buka folder foto di laptop gue. Trus gue nemuin foto ponakan gue, namanya nathan. Nathan adalah anak pertama dari kakak gue yang pertama. Gue ama nathan tergolong deket. Dia manggil gue bibi, gara-gara becandaan kakak-kakak gue yang bingung ngebahasain gue di depan nathan karna kakak gue ga tau bahasa batak untuk nyebut tante (adik perempuan dari ibu) dan alhasil gue sampe sekarang dipanggil dengan bibi. Bagi gue dipanggil bibi itu campuran musibah, kenapa? Karena di kota gue pemanggilan “bibi” lebih banyak digunakan untuk menyebut seorang pembantu atau babysitter. Apalagi ditambah perbedaan warna kulit antara gue dan nathan yang berbeda jauh, dia kekuniangan dan gue kematengan.
Boleh dibilang gue selalu mengikuti pertumbuhan dia dari mulai bayi sampe sekarang dia udah SD. Momen mengharukan adalah ketika gue melewati masa pertumbuhan dia, memang sih ga setiap saat gue ada disampingnya, tapi gue ngerasaain gimana ngegendong dia waktu masih 1 bulan sampe sekarang yang kadang menunjukkan buku mata pelajarannya di sekolah….rasanya itu menyenangkan.
Boleh dibilang, gue ama nathan kadang kayak kucing dan tikus…saling berantem...abis itu nangis (gue yang nangis)…sampe rebut-rebutan dapet suapan makan dari nyokap gue. Kadang dipikir lucu juga, yang gede nggak mau ngalah sama yang kecil. Mungkin sikap gue yang kadang nggak mau ngalah karena gue adalah anak bungsu dan gue biasa diutamakan, dimanja, lha terus mendadak ketika ada nathan semua perhatian sekarang tertuju ke nathan….ya tapi kalo sekarang sih gue lebih memandang dia kayak anak gue sendiri, walaupun gue belum bisa beliin dia barang atau ngasih sesuatu yang berharga karna gue yang belum punya penghasilan.
                Banyak suka duka gue sama nathan dari mulai gue yang belajar mau UN SMA sambil jagain dia waktu bayi, sampe hal-hal yang mengharukan. Pernah suatu ketika gue pulang ke kota gue dengan kondisi jari kaki patah dan habis kemalingan laptop, menurut gue itu adalah kondisi terburuk gue saat itu. Tanpa sengaja dia ngeliat gue nangis, terus beberapa hari kemudian gue dikamar lagi bersiap-siap mau pulang ke Jogja. Tiba-tiba dia masuk kamar dan langsung ngebanting pintu, gue pikir ya kayak biasa dia gangguin gue. Mendadak dia duduk di atas meja tepat disamping gue terus mandangin gue “Bibi jangan sedih lagi ya” Gue yang waktu itu lagi catokan mendadak bingung, gue ngeliatin dia, dia langsung melompat ke kasur gue dan nepuk-nepuk matanya….seketika gue langsung nangis….ngerasa fantastik aja dinasehati anak umur 3tahun.
                Nasehat-nasehat dia nggak Cuma waktu dia kecil, waktu itu dia ulang tahun ke 6, gue dateng ke rumahnya sambil ngasih kado. Terus dia buka kado itu, terus sambil dengan menunduk dia bilang
“Katanya bibi udah punya pacar ya?” mata nathan menusuk ala ipin upin yang lagi maen detektif-detektifan
“Iya..yang kemaren dibandara itu”
Kebetulan nathan ketemu sama cowok gue dibandara waktu jemput adeknya nathan sama kakak gue.
“Ngapain pacar-pacaran?” tiba-tiba nada nathan kayak orang marah
Gue bengong, ga percaya kalo yang ngelarang pacaran itu anak kelas 1 SD
“ngapain pacar-pacaran, nanti aja pacaran itu”
“Nanti kapan?” gue mulai bingung…
“Ya nanti kalo udah gede”
HMpppppfftt…..kurang gede apalagi gue dengan umur 24tahun dan berat badan 66kg ini??apa dia kira gue masih SD ya??atau dia rasa gue kurang gede ???
                Nathan yang ngefans sama selena gomez ini (setelah sebelumnya dia curhat ke gue kalo dia suka ayu ting-ting dan mendadak ganti haluan karna dia sadar kalo mereka beda agama) punya cita-cita jadi spiderman, anggota SuJu merangkap pemadam kebakaran ini kadang nyeleneh kalo ngisi jawaban waktu ujian atau pas lagi les. Gue geli sendiri waktu dia memperlihatkan kertas ujian dan bukunya.
Misalnya ditanya
Soal : Sebutkan makanan yang mengandung lemak?
Jawaban nathan dengan pasti dan yakin : BABI
Semenjak itu gurunya tau kalo nathan adalah pemakan babi sejati

Soal : Jika ada temanmu yang berlainan agama sedang beribadah apa yang akan dilakukan?
Jawaban nathan : ditemani
Gue yakin nathan temen yang baik hati yang selalu ngikutin temen-temennya beribadah. Antara baik hati atau menyeramkan.

Soal : Hei how are you?
Jawaban nathan : Yes
Bisa gue prediksi nathan kalo dibiarin bisa senasip kayak gue yang Cuma bisa yes yes doang…

Soal : suku batak berasal dari pulau apa?
Jawaban nathan : kalimantan
Kalo ini gue juga agak heran, padahal dia sangat bahagia menjadi orang batak dan sering nyanyi “anak Medan” tapi dia ga tau pulaunya sendiri….ckckckck…

                Ya keceriaan gue dan nathan ga Cuma segitu, terlalu banyak waktu-waktu yang kadang kalo diinget selalu bikin geli sendiri. Walaupun kadang gue jadi bibi yang teraniaya, entah selalu ditinjunya, diajak maen sepeda yang remnya blong terus gue nabrak rumah orang kampung ditambahin gue diketawain, sampe gue selalu dijadiin tumbal buat beliin mainan dia (dia tau kalo gue nggak tegaan), tapi pernah juga gue ngalamin ketika nathan hilang di mall.
                Jadi ceritanya siang itu, gue, kakak gue dan nathan ketemuan di deket sekolah nathan dan mau ke sebuah mall yang terletak di pusat kota Jogja. Di mall itu kebetulan lagi ada diskon baju, otomatis gue sama mbak gue langsung kalap ngeliat umbrukan baju yang lagi diskon, kebetulan nathan gue gandeng. Dan mendadak nathan bilang “aku mau ke tempat mama” ya udah deh gue lepasin tangan nathan. Kebetulan posisi kakak gue juga beda 2 counter dari gue, dan gue masih bisa liat, sesekali gue ngeliatin nathan yang lagi lompat-lompat di atas karpet, pikir gue “ya udalah nathan maen diantara gue dan kakak gue” trus gue ngelanjutin milih-milih baju. Mendadak kakak gue dateng ke gue
“Nathan kemana?”
“Lha, bukannya tadi disana maen lompat-lompat”
“Iya sih, tapi kok ga da ya?”
Tuinggg….pikiran gue dah kebayang anak-anak ilang yang biasa di berita tv. Gue ama kakak gue buru-buru nanya ke orang-orang sekitar, tapi semua pada nggak tau. Gue nggak tau dia dimana, DEGGG……berasa salah banget…..
Tiba-tiba ada pengumuman di mall yang mengatakan telah ditemukan anak kecil bernama nathan yang mencari mama tika. Kakak gue buru-buru langsung lari ke situ, dan nathan langsung nangis. Langsung kami ngajak dia makan disebuah resto jepang sambil dia bercerita gimana kronologisnya.
“tadi nathan kan maen lompat-lompat, terus balik ke tempat bibi, tapi bibi nggak ada. Terus ada bapak-bapak ngandeng atan terus dikasih ke satpam deh”
Ya syukurlah ponakan gue nggak ilang….
                Beberapa bulan lalu gue ketemu sama nathan di rumahnya, selanjutnya gue terlibat percakapan ama dia. Disuatu warung ayam kremes, gue, nyokap gue dan nathan pun ngobrol. Kebetulan gue curhat ke nyokap gue tentang keadaan kamar kos gue yang dinding merembes air dari lantai 2. Ditengah obrolan gue ama nyokap gue mendadak nathan menghentikan makannya.
“Apa sih?Oma…apa?” teriak nathan yang seperti biasa suka kepancing jiwa rumpinya
“Enggak itu, kamarr bibi dindingnya basah kayak iklan yang bocor-bocor itu”
“oh itu, pasti ada pipa yang bocor dari atas” jawab nathan sambil cuek dan terus mengunyah ayam kremesnya.
Gue agak kaget dengan jawaban anak kelas 1 SD yang udah ngerti tentang pipa bocor.
“Ya udah, nanti gede kuliah kayak bibi aja ya”
“Ga ah, nathan ga mau pacaran” jawab nathan dengan cuek.
Gue agak bingung juga sih dengan jawaban dia yang kayak nggak ada korelasinya. Ternyata gue baru tau, kalo nathan pikir kuliah itu adalah fase dimana semua manusia mengisinya dengan kegiatan pacaran.
“Kuliah itu sekolah, nanti kamu sekolah tentang air kayak bibi aja ya” jelas gue ke nanthan supaya dia nggak salah kaprah tentang kuliah dan pacaran. Ga lucu kan kalo misal nathan ditanya gurunya di sekolah mau kuliah dimana terus dia jawab “Nathan ga mau kuliah”
“nathan ga suka pacaran” masih jawab nathan dengan sinis
“lho kenapa ga suka pacaran” gue masih penasaran alasan nathan ga mau pacaran.
“ Ga ah, pacar itu biasanya manja….aku ga suka..apa-apa harus dituruti…pokoknya nathan ga suka”
Gue baru tau ada anak SD punya alasan ga mau pacaran karna hal kayak gini. Tapi itulah kadang kelogisan anak kecil itu lebih tinggi dibanding orang-orang yang lagi mabuk cinta. Jadi mungkin kadang kita harus dengerin suara-suara atau celoteh anak kecil yang kadang ada benernya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur