Kebakaran


Kalo liat banner di blog gue, gue jadi teringat sebuah cerita yang mungkin nggak akan gue lupain sepanjang idup gue. banner itu adalah ilustrasi yang dibuat ama sahabat gue dytha eryant purba,dan itu cerita nyata.
Hari itu tanggal 11 januari 2011. Gue dan 3 temen gue (adit, lisa dan dytha) pengen nyari hiburan melepaskan kejenuhan dari rutinitas skripsi dan kuliah, lalu pergilah kami ke sebuah tempat karoeke terkenal di kota Jogja lalu setelah 2 jam kami nyenyong kami pun memutuskan untuk nonton di 21 di sebuah mall terkenal di kota Jogja. Sempet sih ragu buat nonton karna cuaca hujan sudah ngebasahin baju kami, lagi pula sudah terlalu sore. sampe deh kami di parkiran mall yang terletak di basement. dengan setengah ngantuk kami pun menaiki lift menuju ke lantai 3 (lantai paling atas di mall tersebut) dan ingin langsung menuju 21.
Dan lift pun berhenti di lantai 3, mendadak ada bunyi "tinit...tinit...tinit,,,tinit.." kami masih cuek jalan dan bingung mencari sumber suara yang mendadak semakin kenceng. Gue ama 3 temen gue mendadak berenti di sebuah beranda yang dapat memandang seisi mall dari lantai atas. dan kami pun masih nggak tau apa yang terjadi. malah sempat kami bercerita-cerita geje dan ketawa-ketawa. Mendadak toko-toko yang ada di lantai 2 mendadak ditutup dan para pegawainya pada lari-lari nggak jelas.
Gue ama temen gue malah bengong ngeliatin ke arah bawah
"Ada apaan ya??"
"Nggak tau"
Mendadak keluarlah asap hitam pekat dari salah satu toko di lantai 2.
"Oh kebakaran" oceh salah satu temen gue
"Kok bisa ya kebakaran??" (dengan nada innocent)
(kami masih belum sadar kalo kami terjebak di sebuah kebakaran)
"Konslet mungkin ya?"
"Eh kok banyak orang pada lari-lari ya?"
"Kita lari juga yuk" gue agak setengah parno ngeliat orang lari dan bunyi yang ternyata alarm kebakaran yang semakin kenceng bunyinya
"Sebentar-sebentar, gue rekam dulu ah, mau gue share di facebook" 2 temen gue ngeluarin hapenya dan langsung ngerekam kejadian orang lari dan asap kebakaran dari lantai 2"
Gue nggak tau kenapa waktu itu gue ama temen-temen gue bisa nggak parno banget....berasa punya nyawa 9 kali ya....
Sempet kami ketawa-ketawa lagi.....(hedeh)
"Aduh gue kebelet pipis nih, gue ke WC dulu ya" pamit adit
Gue bengong
"Kalo entar orang-orang pada lari, lo pada tungguin gue balik ya" sambung adit
adit jalan nyantai ke WC
Gue ama 2 temen gue masih sibuk ngerekam pake hape dan ngeliatin orang-orang pada heboh lari menyelamatkan diri.
Mendadak gue mulai parno, ngeliat bule-bule yang berebutan turun lewat eskalator.
Gue megang tangan lisa keras banget saking parno nya....
"Kita turun yuk"gue parno abis
"Entar tunggu adit dulu"
Idung gue kembang kempis..
5 menit kemudian...tuh asap hitam udah ngembumbung sampe lantai 3 dan mendadak mall pun jadi setengah gelap.
adit dateng dari WC
Gue nggak ngerti kenapa 3 temen gue nyantai bener...
"Yuk turun.."ajak adit gaya santai kayak dipantai
"Sini motor kalian, gue ama adit ambil di parkiran. Entar lo tunggu di jalan raya ya" Dytha ngambil kunci motor
Gue ama Lisa langsung mendekati eskalator yang penuh sesak orang berebutan turun. Bule pada lari-lari. Yang lain pada gandengan panik. Gue ama lisa setengah lari.
Sampe lantai Ground, gue ama Lisa udah jalan agak santai. Gue cuma ngeliat satpam-satpam pada sibuk ngevakuasi pengunjung mall.
Mendadak gue ama Lisa memandang sebuah Toko Roti terkenal "BT" yang sepi....
Mata kami berbinar-binar
Otak kami beradu
Hanya satu kata dari mulut kami "beli roti yuk...mumpung sepi nih"
Tanpa sadar, tangan kami dengan santainya membawa nampan (baki) sambil memutar-mutar bingung mau membeli roti yang mana..
Padahal suasana mall dah rame karna banyak orang-orang lari dan asap hitam pekat pun sudah sampai lantai ground.
Setelah 5 menit memilih, kami pun dengan santainya ke kasir...
Pegawai kasir dan pegawai toko roti "BT" itu sudah cemas...
Mereka panik luar binasa...
Gue ama lisa dengan santainya membayar dengan uang 50 rebong...
"Aduhh aku salah pencet giman?"teriak mbak penjaga kasir yang salah memasukkan item
"Udah mbak keluar aja dulu, rotinya ditinggal aja dulu" teriak seorang satpam ke gue dan Lisa
"Nih kembaliannya belum"teriak Lisa balik...
dan setelah 10 menit ribut di kasir...kami pun melenggang santai ke luar mall dan menghampiri Dytha dan Adit yang sudah berkerumul dengan orang-orang yang pada heboh diluar
"Eh kalian kemana aja sih,kok lama banget?"tanya Dytha di atas motor
Gue ama Lisa nyengir  dengan bangga sambil mengangkat bungkusan dari toko roti "BT"
"Mumpung sepi sih..hhehehehhe",,,




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur