Kacamata 3D


                    Nggak tau kenapa gue dari kecil tergila-gila dengan yang namanya film dan cerita-cerita entah dari novel atau apa pun itu. Ketika gue nonton atau membaca sesuatu, gue selalu membayangkan kalo gue menjadi sang aktris di cerita itu. Tapi sayangnya gue terlahir di jaman dimana sedikit banget yang namanya bioskop (apalagi gue waktu kecil parno masuk bioskop karna lampunya dimatiin. Gue inget dulu gue pernah nonton film kura-kura ninja waktu gue sebelum TK dan gue nangis kenceng sambil teriak “Maaa,,,suruh mbaknya ngidupin lampunya,,.,,aku takut” damn…kalo diinget-inget gue ndeso banget) dan mahalnya VCD original serta jarangnya VCD bajakan. Jadilah gue dulu suka ngerengek ke nyokap gue untuk ngoleh-ngolehin gue “VCD film original”.
                Semakin gue remaja dan bertumbuh jadi gadis geulis (bokis) gue hobi banget pergi nonton, mungkin sebulan bisa satu sampe dua kali. Tapi kalo mendadak mendapat musim pancaroba uang ya terpaksa ngedownload film di warnet atau sekedar minta temen gue ceritain film yang dia tonton dan dia anggap bagus atau dateng ke rental Rumah Film dan minta si mas dagu panjang yang nan manis itu untuk milihin film apa yang bagus gue tonton.
                Semakin ngehitsnya dunia perfilman, muncullah kacamata 3D. pokoknya semua film yang teranyar dan yang paling diminati semakin buru-buru menciptakan film dengan tampilan 3D. mungkin kesannya semakin 3D semakin gahol tuh film. Dan cerita gue dengan barang itu (sebut : kacamata 3D) selalu aja menjadi hal terndeso dalam sejarah idup gue.
                Pertama kali gue nonton film 3D sih sebenernya waktu gue masih ABG. Gue pertama kali nonton film spy kids atau apa gitu judulnya. Waktu itu gue nontonnya di bioskop Golden di Kediri, dan jaman dulu kacamatanya belum secanggih kayak sekarang (yang katanya dicuci dengan alat khusus). Jaman itu kacamatanya masih kayak kacamata 3D yang buat nonton sinetron atau kartun (sinetron jin dan jun, kartun remi,,,jaman tahun 1998) dimana tuh kacamata kayak terbuat dari plastik hitam dan karton. Yang memungkinkan banget terjadinya penularan belek dan penyakit mata sejenis.
                Era 2010, gue kebetulan nemenin ponakan gue yang untuk pertama kalinya nonton di bioskop, kebetulan film yang ditonton bertemakan 3D. Dan taukah, kalo itu menjadi film termahal yang gue tonton. Gimana enggak, tuh film udah 3D, gue nontonnya pas weekend lagi..jadilah gue ngeluarin duit 50 ribu buat nonton film kartun anak-anak…(nyeseg parah). Awalnya gue cukup terpukau dengan tuh efek 3 dimensi. Tapi setelah beberapa menit, gue berasa mual, kepala gue puyeng, berasa kayak orang mabok perjalanan. Otomatis gue pake lepas tuh kacamata daripada gue muntah di dalem bioskop..(sedangkan ponakan gue malah asik lari-larian di dalem bioskop)…jiaaahh sayang bener tuh uang 50 ribu….
                Semakin lama gue semakin sering nonton dengan film 3D..gue udah nggak ndeso lagi..udah nggak suka mual kalo pake kacamata 3D. Tapi ternyata kendesoan gue berubah menjadi semakin menjadi-njadi. Gue inget banget, waktu itu gue nonton film Residen Evil 3 3D, ceritanya tuh tokoh ngelompat ke arah penonton,,,dan gobloknya gue dengan refleks langsung kayak meraih-raih tuh tokoh dan bersiap “nampani” belum lagi waktu adegan dia ngebunuh musuh pake senapan berisi uang koin…sekali lagi dengan ndesonya gue kayak mau meraih-raih tuh uang koin…tangan gue gerak-gerak ke udara….dan sekali lagi gue sadar kalo gue ndeso abis.
                Akhirnyasetelah gue membiasakan diri mencoba nonton 3D, gue bener-bener nggak ndeso lagi..horeee…tapi satu hal yang nggak memungkiri dalam hidup gue kalo tuh kacamata 3D keluaran 21 emang nggak cocok bagi idung gue yang berukuran minim ini. Bayangin, lo tau kan gimana tuh kacamata 3D yang celah antar mata tempat buat nyelipin idung itu berukuran gede, sedangkan idung gue masyaallah mininye,,,alhasil sepanjang pilem diputer, jari gue Cuma sibuk megang tuh kacamata biar kagak jatoh…nasip daah,,,kadang gue mikir, kenapa tuh kacamata kagak dibuat beraneka ukuran. Ada ukuran S, M, L atao XL tuh buat para keturunan arab yang bangir-bangir..kan enak juga tuh kalo setiap masuk ke teater trus disambut dengan mbak-mbak ayu yang berok panjang dengan belahan aduhai trus disambut dengan kata-kata “mau pake kacamata ukuran apa kakak…”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur