Nyari Kerja Part II


                Mungkin bener pepatah “Carilah kerja sampai ke negri Jiran”. Nggak salah kalo pada banyak penduduk Indonesia yang jadi TKI, TKW di Malaysia, Hongkong, Jepang, Korea sampai Arab. Karna lowongan kerja di Indonesia itu terbatas dan tidak sebanding sama jumlah penduduknya. Kalo mau wiraswasta pun harus punya modal dan kreativitas. Intinya, nyari kerja itu tidak semudah memasak mie rebus deh.
Gue sih sempet ngalamin fase susahnya nyari kerja ketika masih kuliah. Ya nyari kerja disini cuman semata-mata buat uang tambahan waktu kuliah. Sempet sih namanya ngerasain wiraswasta dari jualan puding, jualan baju, buka butik online sampe bikin blog, tapi semuanya nggak berumur panjang.
Waktu semester 4 gue ama temen gue Gusta (sebut aja itu) bingung nyari kerjaaan . Kebetulan di kampus gue lagi dibagi selebaran. Intinya nawarin pekerjaan yang penghasilannya 500 ribu perbulan. Wah dah girang tuh kami kayak berasa kejatuhan durian montong. Mulailah kami mengatur strategi dan mengatur jadwal kuliah.  Dan kebetulah tuh jadwal interview bersamaan ama jadwal kuliah, otomatis kami harus bolos kuliah.
Satu jam sebelum interview, gue ama Gusta nonton berita kriminal. Intinya nyiarin tentang modus pencurian lewat hipnotis model baru yaitu berupa hipnotis waktu interview  yang intinya pelamar malah memberikan kartu atm dan pinnya. Mendadak gue ama Gusta berpandangan sambil ngupil bareng, nyogrok di sudutan, nyali ciut buat ngelamar kerja, secara gue ama dia belum pernah ngelamar kerja. Sepanjang perjalanan mencari alamat tempat interview, pandangan kami mulai kosong.
“Gusta, kok mendadak gue parno ya” ngoceh gue di boncengan Gusta dengan motor pinjeman
“Iya nih, entar kalo interview kita langsung berdua aja. Boleh nggak ya?”
 “Ngapain berdua?”
“ Ya sapa tau kita dihipnotis kayak di tipi. Kan entar kalo berdua. Lo nunduk  aja, gue yang ngeliatin mata yang interview”
Gue hening di atas motor.
Gusta ngebut-ngebut di jalanan..
“Oya nad, jangan lupa pas nunduk lo baca doa ya. Kalo gue kehipnotis, lo buruan tepuk bahu gue, biar gue sadar”
1 jam muter-muter di jalan, nggak ketemu tuh alamat kantor yang nggak nyebutin nama perusahaannya.
Dan akhirnya, nyampe juga di sebuah rumah di salah satu perumahan di Jogja. Sejenak gue ngeliat banner yang terpasang di teras tuh rumah…astagfirulah ternyata sebuah perusahaan obat MLM terkenal dan pelamarnya bejibun banget kayak ngantri sembako murah. Dan lo tau, apa pekerjaannya? Sales obat man…Gue nggak bisa bayangin, gue ama Gusta bakal ngedatengin rumah ke rumah  sambil bawa tas gede dengan kostum kemeja putih dengan celana kain hitam sambil bilang “Pak, Buk kasiani saya, belilah obat ini. Ini obat herbal yang terbuat dari sari pati bunga kecombrang, tauge tumbuk dan gingkobiloba”
Yang jelas gue ama Gusta otomatis kagak tertarik jadi sales obat. Buru-buru kita berdua ngambil motor yang udah terlanjur terparkir dengan indah di garasi tuh rumah dan buru-buru minggat dengan dilihat berpuluh-puluh orang calon sales tukang obat yang mau interview juga.
“Ayo nad, buruan kabur” Gusta ngegas motor
“btw, lo tau jalan?? Kok lo lurus aja??kagak muter balik lewat jalan tadi aja”
“aduh kalo muter balik entar kita lewat tuh kantor lagi. Gue malu, masa ikut interview sales obat”
“Iya deh, gue ngikut aja”
“Tenang nad, percaya deh ama gue. Pasti ada jalan laen deh..heheh”
Nasip gue sebagai boncengers yang dimana-mana nggak punya andil terlalu besar dalam memilih jalan, Cuma bisa ngikut aja.
Bener aja, seteah masuk dari gang ke gang, akhirnya malah mentok ke sebuah masjid.
Gue bengong..
“lo mau sholat?? Kok ke mesjid?”
“Hehehe…mentok nad jalannya. Gimana kalo kita puter balik? Lo tutup deh kaca helm lo, biar nggak diliat ama orang-orang di sana. Biar kita nggak malu gitu”
Dan siang itu pun kami gagal mendapat pekerjaan, padahal udah bolos kuliah…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur