Mengejar Balon



                Ni cerita, ketika gue yang punya tugas ngebawa balon dan kado-kado buat  ponakan gue tercinta, si nathan. Sabtu itu tanggal 15 oktober 2011, gue yang sekarang kegiatannya padat merayap bak biduan dangdut, harus membagi waktu antara kuliah, nemenin ponakan gue nonton makan dan beli kado, dan bertugas sebagai asisten dalam sebuah hunting foto.
                Pagi itu gue dah sibuk tutorial di hari weekend gini dan harus pulang buru-buru demi bisa ketemu ponakan gue yang semenjak lebaran udah nggak pernah gue temuin. Kata temen-temen gue, gue udah kayak emak-emak yang rempong bagi waktu.. tapi its okelah demi sayangku nathanael..
                Sampailah gue di sebuah mall yang deket ama kost-an gue, dengan ngantuk-ngantuk gue, 2 kakak gue, temen kakak gue dan nathan keliling nyari sepatu ben 10. Kebetulan di mall itu lagi ada acara brand susu gitu dan membagikan balon. Dan kebetulan lagi, gue bertugas megang balon yang bertangkai dari plastik itu…Oke gue ngantuk dan bawa balon, nggak tau deh tampangnya jadi kayak gimana.
                Siang itu, berhubung gue punya banyak banget janji ini dan itu, terpaksalah gue nggak bisa nemenin nathan nonton di empire dan gue buru-buru harus balik ke kost. Gue dapet tugas dari kakak gue buat ngebawa hadiah-hadiah itu dan balon ke kos gue dengan naik bus…rempong banget deh.
                Dengan gontai (karna ngantuk), gue jalan ke shelter deket mall itu masih dengan tangan kiri megang bungkusan-bungkusan kado dan tangan kanan megang balon. Nggak tau kenapa pas gue jalan, mendadak angin kenceng banget. Balon gue udah ngajak gue mau terbang…gue berusaha megang kenceng-kenceng tuh tangkai balon. Sampelah gue di pintu shelter tempat beli tiket bus, gue yang rempong mendadak ribet mau ngasih duit dan werrrr…..angin bertiup dengan kencengnya dan yaaaak….tuh balon terlepas…. Gue teringat kata-kata nathan sebelum gue pamit pulang “bunda, besok bunda bawain ya balon nathan” ….heyaaa…gue panik…dengan reflek gue lari-larian ngejer balon di pinggir jalan….
Orang-orang ngeliatin gue…
Gue masih lari sambil mengibas-ngibas rambut gue yang nutupin muka gue…
Sekitar lima menit…gue pun nyerah sambil malu….karna tukang-tukang becak dan supir-supir taksi yang mangkal di depan mall itu ngeliatiin gue, mungkin batinnya “ngapain tuh babon lari-lari ngejer balon”
Gue baru nyadar, semua orang ngeliatin gue, termasuk tukang tiket bus..
Gue balik ke shelter…
Mendadak penjaga shelternya nanya ke gue yang lagi ngos-ngosan
“Kok balon aja dikejer-kejer?”
Gue senyum sambil bingung mau jawab
“Buat anaknya ya?”
Mendadak otak gue ngeblank…gue dengan refleks mengangguk kenceng dan itu artinya gue ngaku udah punya anak…WHATT….gue salah jawab….kalo gue mendadak bilang “bukan” pasti dikira gue emak-emak labil…ya sudahlah…
Gue duduk di tempat duduk panjang di shelter masih dengan menenteng kado-kado dan ngos-ngosan. Mendadak datanglah petugas penjaga shelter, mas-mas berparas manis (heheh…sempet,..sempet nya gue ngeliatin ya). Mendadak dia ngajak gue ngobrol.
“Tadi ngejer balon buat anaknya ya?”
Gue Cuma bisa ngangguk polos tanpa bisa ngelak.
“Tadi beli apaan di mall?”
“Nih” gue pasrah nunjukin kado-kado
“Oh anaknya ulang tahun ya?isi kadonya apa aja??”
Sial ni mas-mas keppo amat  “Nih tadi dia minta sepatu ama mobil-mobilan”
“Oh…”
Gue milih buat diem aja deh..dibanding ditanya ngalur ngidul
“Kok anaknya nggak diajak” si mas-mas mulai keppo lagi..
Gue ngelirik ke atap sambil mengarang indah “ehmm tadi gue pulang kuliah sih, jadi rempong kalo ngajak dia”
“Oh masih kuliah” mendadak suara mas itu terkejut dan mempertegaskan kata-kata masih kuliah, lalu dia menatap gue dengan aneh
Gue mikir,,,apa omongan gue tadi salah ya??
Mas itu masih ngelirik gue dengan gejenya…
Gue baru sadar, tanpa nggak langsung gue menceritakan kalo gue anak kuliahan yang udah punya anak…pantesan tuh mas-mas mandang gue aneh…baiklah gue harus mempertegas status gue.
“Iya gue tadi kan kuliah, ya maklum lah kalo udah S2 gini kuliahnya padet”
“Oh S2”
Sip berhasil pernyataan gue, berhasil bikin masnya nggak memandang gue dengan aneh.
“Kerja dimana mbak?”
“Gue belum kerja”
“Oh jadi milih study dulu ya? Mau kemana nih?”
“Iya. Mau pulang ke kost”
“Oh ngekost dimana?? Aslinya mana?”
“Gue ngekost di babarsari. Gue aslinya dari palembang”
Omongan gue mulai spontan tanpa mikir…
“Oh kalo anaknya tinggal di kost juga?”
“Enggak, dia tinggal di daerah purwomartani”
Upss gue keceplosan…
Si mas-mas itu mulai bingung nyusun cerita idup gue..
“Oh anaknya tinggal ama eyangnya ya?”
Gue ngangguk pasrah lagi
Gue nggak tau dia ngambil kesimpulan dari mana…yang penting gue iyain aja
“Oiya mbak, busnya lama lho mungkin ada 20 menit, soalnya macet sih”
“Wah lama banget….”
“Nggak minta jemput suaminya aja mbak?”
Gue senyum kecut sambil geleng-geleng.
“Suaminya orang sumatra juga ya?”
Gue bingung mau jawab apa…pacar aja kagak ada mau ngakuin suami... “Bukan”
“Oh  orang jawa ya?”
Gue ngangguk pasrah lagi…(dan lagi)
“nggak tinggal ama suaminya mbak?”
Gue senyum kecut sambil bingung siapa yang harus gue akui suami..
Dan mas-mas itu nampak begitu sangat keppo ingin tau cerita hidup gue…tapi kayaknya dia berkesimpulan kalo gue adalah seorang ibu yang memiliki anak 5 tahun dan sudah bercerai dengan suaminya dan sekarang sang anak tinggal di keluarga suami gue…
Berhubung gue takut semakin banyak kebohongan tercipta, jadinya gue terpaksa ngajak cerita mas-mas itu dengan cerita lain…
                Inti cerita, kebohongan kecil pasti akan ditutupi dengan kebohongan lain…hehehe….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur