Rempong ihh jadi cewek...yuk marii

                Dari lahir gue selalu old fashion dan cenderung ke ibu-ibu pakaian gue karna gue banyak gaul ama nyokap gue. Gue juga sering menggunakan pakaian yang entah kenapa selalu dibeliin ama nyokap gue. Dan entah kenapa juga bokap ama nyokap gue sering banget beliin entah baju atau sepatu yang sama (hanya beda warna) ama kakak cowok gue (si Bimo). Misalnya gue punya sepatu warna biru terus bimo punya sepatu warna merah, atau kaos oleh-oleh dari bokap gue yang sama persis, sama-sama gambar jam Gadang dan sama-sama kami pake kebesaran. Jadilah gue saat itu mendadak jadi anak kecil tomboi yang old fashion. Belum lagi badan bongsor yang udah ada sejak gue dari SD, otomatis kagak ada baju yang cukup di gue.
                Cara berpakaian gue yang tomboi ternyata kebablasan sampai gue kuliah. Apalagi dengan sikon kampus gue yang sering menghujat para wanita yang berpakaian feminim, alhasil gue selalu hanya memakai celana jins, sepatu/sandal jepit dan kaos.
                Setelah gue ngerti fashion, gue pengen banget kuliah pake baju feminim nenteng tas cantik pake sepatu high heels yang cetak cetok bunyinya. Keinginan gue yang satu ini, bener-bener nggak bisa gue wujudkan di kampus. Gue Cuma bisa berhayal gue pake kostum feminim layaknya artis-artis FTV di tipi-tipi. Untungnya gue punya hari minggu untuk beribadah, nah saat itulah gue punya kesempatan untuk menunjukan kostum-kostum terfeminim gue, tak lupa dengan high heelsnya.
                Seiinget gue, gue pernah ke kampus pake rok hanya 4 kali itu pun karna tuntutan kampus yaitu ketika presentasi program kerja KKN, seminar proposal, pendadaran dan jadi penerima tamu dan satu kali pake kebaya ketika wisuda, selebihnya gue terkungkung dalam kostum tomboi standar gue.
                Nah untuk itulah ketika gue udah lulus kuliah, gue sengaja merubah image gue sebagai seorang Nadong…ahhah…berubah..Gue mulai dari gue yang merebonding rambut keriting gue, mencoba menggunakan bedak, maskara, eyeliner dan lips ice.
                Mulai saat itu, gue belajar yang namanya dandan sederhana. Karna menurut gue, gue yang paling tau apa kebutuhan di muka gue. Soalnya, gue paling sering jadi korban kelinci percobaan kakak perempuan gue (mbak tika) yang sering banget dandanin gue. Pernah waktu itu gue mau pelepasan wisuda dan kakak gue itu semangat banget dateng pagi-pagi ke kos gue dan membawa perlengkapan make up terbaru dia. Gue sibuk catokan, kakak gue sibuk ngusep-ngusep muka gue. Tiba-tiba gue liat ke kaca..Oh My God,,kenapa muka gue..sumpah tampang gue udah kayak orang negro yang habis makan gorengan. Gimana enggak, kulit gue yang hitam di dempul dengan bedak yang putih, trus eyes shadow yang mencolok ditambah dengan lipstik norak yang berkilau-kilau berminyak, yang ada gue Cuma nunduk pas acara. Malu abis.
                Kalo urusan memakai bedak, maskara dan lips ice gue udah bisa. Tapi gue belum bisa yang namanya pake eyeliner. Kata temen gue yang udah jago dandan, dia menyarankan gue buat pake yang namanya eyeliner cair, katanya lebih gampang. Oke, hal pertama gue memakai eyeliner punya nyokap gue. Kebetulan juga tuh eyeliner nyokap gue merk terkenal, yang bagi gue cukup mencikik gue kalo beli sendiri. Gue buru-buru masuk kamar nyoba nguasin tuh cairan item ke kelopak mata gue. Gue bingung. Bulu mata gue yang kayak sapu bikin gue bingung. Oke gue pun nutup mata gue, gue siapin jari jemari gue yang kebiasaan suka gugup gemetar kalo masalah membikin garis. Gue kira ini hal termudah. Tapi OMG, susah banget..yang ada tuh cairan meleber ke kanan kiri, sekali kuasan ternyata nggak rapi. Gue kuas lagi dan itu bikin gue emosi. Dengan setengah mati, gue nguasin tuh cairan, tapi yang ada malah masuk ke mata, mata gue keculek, dan cairan mata gue masuk ke mata gue. Mata gue pedes banget, dengan refleks gue ngusap membersihin mata gue yang udah bikin gue nangis bombay, dan siang itu pun mata gue bukannya cantik tapi malah jadi pedes dan dan hitam. Duhhh rempong emang. Semenjak itu gue pun memakai eyeliner model pensil.
                Kebetulan, setelah lulus gue memutuskan untuk melanjutkan kuliah gue  di suatu universitas negri. Gue fikir, ini adalah salah satu awal dimana gue harus merubah semua cara berpakaian gue. Ternyata pemikiran ini, nggak Cuma ternjadi di gue aja tapi juga ke temen gue (yang sekarang masih sekelas ama gue). Kami selalu memotivasi diri untuk menjadikan diri sebagai wanita secara hakiki (lebay). Perubahan yang kami lakukan  memiliki misi yaitu “supaya dipandang sebagai wanita baik-baik yang terpelajar” hahahha…terdengar gokil sih, tapi emang kenyataan. Jadi kemana pun kami pergi pasti menggunakan eyeliner dan maskara..(itu wajib). Kami sebut ini adalah senjata bagi kami. Mulai lah kami sangat-sangat rempong kalo udah namanya ke kampus. Entah dengan gelang kami, cincin syahrini kami atau dengan sepatu kami.
                Pernah mendadak temen gue ini SMS gue di tengah malem sekitar jam 1 an. Waktu itu gue udah tidur soalnya besoknya kami harus masuk pagi. Kurang lebih isi SMS nya gini:
“Nad, gue besok pake high heels lho..warnanya merah..lo juga pakai ya”
Gue kriyep-kriyep, SMS wow yang bikin galau. Galau mau pake high heels mana, sedangkan gue kagak punya. Gue nggak jadi tidur, gue sibuk nyobai sepatu. Gue lirik ada sepatu dengan heels 4cm, cukup lah gue katagorikan jadi high heels. Setelah itu, gue ama temen gue pun janjian besok kuliah dengan tas kempit kesayangan kami dan menggunakan sepatu yang berbunyi cetak cetok.
                Nggak tau kenapa, gue baru kali itu ngerasa antusias buat yang namanya ke kampus. Gue pikir kayaknya temen gue juga sangat-sangat antusias sama kayak gue. Mulai lah gue rempong dengan sepatu gue, gue nyaris salto di dalam bis gara-gara nih sepatu yang nimbulin suara “gubrakk”. Seisi bis ngeliatin gue, gue Cuma nunduk, malu gue. Dan sesampainya gue ama temen gue di kampus,kami diliatin. Kami cool. Ne bunyi sepatu nggak bisa ditutupi. Gue cuek pura-pura budeg. Tapi masih yang lain masih ngeliatin kami..langsung kami setengah kabur
                Inti cerita, ternyata jadi cewek yang hobi dandan dan berpenampilan cantik itu susah banget yah…perlu belajar banyak gue.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur