OH Skripsweet..Skripshit..Skripsweat



                Hal yang paling menguji iman seorang mahasiswa adalah pada saat ngerjain yang namanya skripsi. Mulai dari sembelit, rambut rontok, sampe jerawatan rasanya terus menghantui hidup ketika ketemu ama yang namanya skripsi. Nulisnya pun lebit sulit dari nulis surat cinta ke gebetan (ya iyalah). Belum lagi kalo dosennya resek, rasanya pengen ninggalin skripsi dan ngelariin diri ke Colombia (Nazarudin kalee..) atau sekedar lari ke bali nonton pertandingan tenis sambil pake wig. Ibarat film, waktu lo ngerjain skripsi tuh, lo kayak ikutan kera sakti nyari kitab suci yang di tengah jalan ketemu siluman-siluman. Pokoknya saat itu adalah saat-saat dimana lo pengen nyilet orang kalo ada yang nanya “Gimana skripsi lo??Kapan nih wisuda?”
# JUDUL SKRIPSI (mana ya yang cocok ama muka gue)
                Jangan girang dulu kalo jumlah SKS lo udah bisa ngambil skripsi tapi ternyata lo nggak punya JUDUL SKRIPSI, berasa kayak lo mau kondangan tapi lo nggak punya baju. Atau lo berasa kayak lagi maen catur ma dosen lo dan mendadak dia skakmatin lo. Gitu juga dengan gue waktu gue nemuin dosen pembimbing gue, dan ditanya judul skripsi gue, mendadak gue diem (sekeliling rame tapi kuping gue berdenging, mata berkunang-kunang, dan ketek gue basah..LEBAY), rasanya pengen banget ngomong “Permisi bu, saya mau beli deodoran di warung, soalnya ketek saya basah (sambil nungjukin ketek gue)”. Alhasil gue Cuma cengar-cengir. Untungnya dosen gue baik hati, tidak sombong dan rajin menabung. Gue ditawarin gabung di suatu proyek embung di Wonosari (±30km dari Jogja). Nggak pake babibu, gue setuju aja. Lumayan setidaknya gue nggak usah bingung dengan judul skripsi gue.
#PERJALANAN JOGJA-WONOSARI
Ternyata nggak Cuma gue aja yang terjun ke proyek embung ini. Kebetulan gue, Alfa, Vina dan Lisa dijadiin satu tim proyek skripsi yang sama dengan beda bahan penelitian. Dengan kata lain, kami bakal harus bolak balik Jogja-Wonosari dari Agustus 2010 sampai November 2010 buat survei lapangan dan mencari data. Dan kebetulan sekali gue setim kecil bareng Alfa, jadinya kami semakin sering berduaan kemana-mana.
Kami ke lokasi embung hanya bermodalkan peta yang digambarin dosen kami di papan tulis, so pasti ketika pertama kali survei, kami nyasar beberapa kali, tapi yah alhamdulilah yah setelah nanya ke puluhan orang, akhirnya sampai juga ke dusun dimana embung itu akan dibangun (± 2jam dari Jogja). Eh ternyata untuk menuju ke lokasi Cuma bisa jalan kaki, dan perjalanan sekitar ± 1 jam tanpa sinyal, berbatu, dan berbukit. Hua rasanya udah mau patah ni kaki jalan di medan kayak gini. Di tengah jalan di bukit berbatu itu, kami bertemu dengan seorang mbah-mbah, yang intinya dia mengajak kami dan menunjukkan jalan menuju lokasi embung tersebut. Awalnya sih kata mbah itu, lokasinya deket. Tapi udah mau sejam pun kami nggak nyampe-nyampe ke lokasi. Kami yang jalan di belakang mbah itu rasanya udah mau nangis, pelukan sambil sesekali foto-foto di samping pohon singkong. Gue nggak begitu jelas tuh mbah cerita apaan, soalnya dia pake bahasa Jawa halus dan gue nggak paham. Kalo nggak salah ngartiin sih, mbah itu bilang kalo yang punya tanah-tanah berhektar-hektar itu namanya Juragan Pak Darmo Ngadikan. (tanah itu luas banget cin…bisa ngebangun 3 mall dan 1 hotel deh). Kami langsung sibuk bisik-bisik, sebuk ngebayangin, berharap Pak Darmo Ngadikan itu masih muda, wangi, ganteng dan kayak Kiki Farel di FTV. Ketika kami sibuk membayangkan, mendadak mbah itu ilang. Ajaib banget. Nggak tau kemana.  Apa mbahnya sudah lari duluan?? ATAU??? Yang jelas kami langsung lari tunggang langgang dan nyasar ke kebon jati luas.
Setelah keluar dari lokasi itu (yang mungkin tepatnya gue sebut hutan) itu, kami pun pergi ke pejabat dusun disitu. Sempet Pak dukuh yang berwajah seperti orang Mongol ini kaget ngedenger kami jalan ke lokasi sendiri tanpa di temani warga sekitar.
“Iya disitu rawan, angker. Banyak orang tersesatdan nggak bisa balik lagi” kata pak dukuh Mongol itu.
Alfa, Lisa dan Vina sibuk pelukan sambil bisik-bisik tentang mbah yang hilang di tengah hutan tadi. Gue sibuk mikir dan ngebayangin pak dukuh itu pake baju dan topi bulu ala orang Mongol, pasti udah kayak orang Mongol banget, sempet sih gue mau nanya “Maaf, bapak keturunan Mongol ya??Dulu naek apa ke dusun ini?”
                Nggak sampe di situ perjalanan kami Jogja-Wonosari. Kira-kira bisa seminggu 2 kali kami bolak balik, entah Cuma minta tanda tangan, minjem peta, Cuma foto-foto, mengukur tanah sambil memikul statif;theodolite;pasak;unting-unting;rambu dkk dengan sepeda motor, dan sekedar ngobrol ama pak kepala desa yang wajahnya jadul tapi ganteng (yang menyambut kami di rumahnya dengan hanya berpakaian kaos dalem dan sarungan), yang wajahnya ganteng mirip artis jaman dulu alm Sophan Sophian. Sempet juga waktu pas sampe di Jogja, Alfa sempet ngerengek –rengek pengen buka usaha kebon pisang setelah di wonosari mengobrol ngalur ngidul dengan staf balai desa yang wajahnya kayak pelawak Tarzan  (gue lupa nama bapak itu siapa)
                Awalnya sih perjalanan 1,5 jam itu menyenangkan, tapi ternyata lama-lama capek juga. Apalagi kalo kesananya siang bolong, udah ngantuk, capek, harus buru-buru lagi supaya nggak kemaleman pas balik ke Jogjanya. Bisa ngebayangin dong gimana sensinya lo diboceng ama orang yang setengah ngantuk di jalan berliku-liku kayak ke gunung gitu? Gue sumpah ketar-ketir. Gue sih ngerti kalo Alfa capek dan nggak mungkin juga gue yang bawa motor bisa langsung Innailahi masuk jurang kami berdua. Dan kejadian banget, si Alfa ngelamun setengah ngantuk, tikungan di depan mata, motor masih ngelaju kenceng, dia nggak belokin motor, eeebuset nih anak sadar nggak ya??Gue Cuma bisa ngebatin “mampus gue..mampus gue”. Untungnya Alfa langsung sadar, ngerem mendadak, keluar dari badan jalan, ngerem diatas batu-batu kerikil, tapi tenyata tuh motor nggak berenti-berenti lagi, motor oleng goyang-goyang, gue merem, Alfa teriak-teriak “aaaa….” Teriak teriak kayak cewek yang mau nyusruk ke pohon. Untungnya setelah beberapa meter motor oleng, motor pun berhenti juga dan kami berdua pun nggak jadi nyusrug. Horor banget deh.
#LATIHAN SHAOLiN
                Setelah hampir 6 bulan skripshit gue kagak ada progress nya dan isinya hanya seputaran kata pengantar dan cover doang. Gue pun takut-takut konsul ke dosen pembimbing gue dan tenyata disitu gue baru tau kalo gue harus ngadain penelitian di lab sebagai sampel. OH MY GOD, gue rasanya pengen nyuci kaki dosen gue sambil bilang “Ibu, jangan lakukan itu padaku” tapi apa boleh buat demi menyandang sarjana sebelum umur 22 tahun, mulai lah gue tiap hari belanja ke toko material. Belanja keran, paralon, lem, selang dll.
                Tiap hari gue nongkrong di lab dari pagi ampe sore. Berhubung yang namanya skripsi itu kerja individu, otomatis hampir semuanya gue kerjakan sendiri (dibantu sama pakde alam semesta). Mulai dari ngayak manual pasir sebanyak 2,5 karung yang bikin lengan gue rasanya gede sebelah, ngangkat pasir dan kerikil, nyuci pasir dan kerikil di siang bolong, dan ngankat 2 ember (kira-kanan) isi 10 liter air kotor (dilakukan bolak balik). Kalo kayak gini, gue nggak jadi nggak bisa bedain mana yang namanya bikin skripsi ama pelatihan shaolin deh. Tiap hari, udah baju basah dan kotor gara-gara pasir, ketek basah, tangan kapalan, jempol kaki cantengan (kemasukan pasir), pinggang encok dan mendadak nambah hitam. Belum lagi kalo kampus libur, gue harus ngangkut sekarung pasir dari kampus ke kos dengan JALAN KAKI…jalan kaki teman-teman..coba bayangin. Sempet gue mikir, mungkin setelah lulus gue mau jadi kuli panggul aja.
#GANTI JUDUL DI BULAN JANUARI 2011
                Berhubung dosen pembimbing gue ada 2, tentunya semua isi di skripsi gue harus disetujui oleh kedua belah pihak. Dan sialnya gue, ternyata dosen pembimbing gue yang satu lagi nggak menyetujui hasil penelitian gue. Lebih tepatnya beliau bilang, kalo penelitian gue nggak akurat dan nggak ada korelasi dengan judul. ALAMAK JANG..Gue terdiam..Gue disuruh ganti judul..Gue syok..Akhirnya 2 dosen gue ini rembukan sama gue. Mereka sibuk beradu argumen, gue sibuk nelen ludah beberapa kali dan sibuk mewek. Gimana mungkin gue harus ganti judul dan isi-isinya dan harus bisa selesai bulan Febuari, dan harus pendadaran bulan Maret demi wisuda bulan April (soalnnya gue dah gembar gembor di kampung gue bakal wisuda bulan April…sial). Terus apa kabar dengan latihan shaolin gue yang rutin gue lakukan selama 2 bulan itu?Datanya kagak dipake??Sumpah gue pengen nangis, lari ke pojokan curhat ama Genderuwo.
                Tapi untungnya dosen gue emang baik hati dan pintar menjahit deh (menjahit hati gue yang terluka..heyaaa). Setelah beliau sibuk beradu argumen dan kasian liat muka gue yang kusut kayak jaket tukang ojek, akhirnya beliau mau memberikan solusi, perhatian dan semangat ke gue. Alhasil tiap hari gue ngerusuhin dosen-dosen gue, karna waktu gue yang tinggal satu bulan, tepatnya 28 hari buat nyelesein 1 bendel skripsi.
# GUE PENDADARAN CUY
                Yah alhamdulilah yah, setelah sempet nyerah di tengah jalan, setelah berhari-hari begadang dan selalu nangis di kos karena skripshit ini, akhirnya skripsi gue selesai tepat waktu. Mendadak gue deg-degan ketika dapetin dosen penguji. Gue panas dingin rasanya. Takut mampus gue kalo dapet dosen killer, secara tuh dosen suka bikin mahasiswanya skakmat disertai dengan kalimat yang bikin mental lo jatuh ke jurang. Dan gue pun Cuma pasrah.
                Tanggal 2 Marret 2011, baru deh keluar pengumuman jadwal pendadaran. WHATT gue pendadaran tanggal 4 Maret 2011 dan dapet sesi pertama yaitu setengah 8 pagi. Ga tau mau seneng atau sedih. Apa bisa gue bangun sepagi itu??Tiba-tiba dosen gue manggil gue, katanya sih gue mau dapet surprise” (kagak yakin). Ternyata bener firasat gue, gue harus pendadaran di sebuah universitas negri terkenal di Jogja (yang sekarang gue jadi mahasiswa di universitas ini) dan tau kah teman-teman gue diuji ama profesor yang jadi Guru Besar Hidro di kampus gue. Rasanya gue mau pingsan. Sekali lagi gue bingung, mau seneng apa sedih. Di sisi lain gue seneng karna gue di uji ama pak prof yang artinya gue sekali lagi terbebas dari tuh dosen killer, sedihya karna gue nggak ngerti tipikal nih bapak yang katanya baik (emang baik kok) secara gue belum kenal, belum pernah tau, jabat tangan, ataupun ketemu. Paling banter gue Cuma denger nama beliau yang sering disebut ama dosen-dosen di kampus gue.
                Tanggal 3 Maret 2011, gue ngerasa depresi. Kebetulan Alfa dan 5 temen gue juga sama-sama pendadaran di tanggal 4. Kami mulai membayangkan yang namanya pendadaran itu seperti apa, secara di kampus gue yang namanya pendadaran itu sifatnya tertutup, jadi Cuma mahasiswa pendadara, dosen dan Tuhan yang tau. Gue berharap dosen entar Cuma nanya “Itu ketiknya Time New Roman ukuran berapa?” atau “Laptop sodara merk apa?” atau “Makanan kesukaaan sodara apa?”
                Tanggal 4 Maret 2011, BANGKE semalem gue nggak bisa tidur. Mendadak gue ngerasa tegangg banget, udah kayak mau sunatan (belum pernah ngerasain sih gimana rasanya mau sunatan). Bawaannya mual, mules, pengen boker, kringet dingin, puyeng dan kayak mau mati. Jam 4 pagi gue dah sibuk mandi, catokan, setrika baju, pokoknya hari itu gue harus nampak cantik dan meyakinkan kalo gue pinter. Jam 6 pagi, rasanya jantung gue jedag jedug ga karuan, berasa jam berputar lambat banget menuju jam setengah 8. Setengah 7 pagi, gue mencret nunggu sepupu gue yang nggak nongol-nongol juga. Padahal jarak kos gue ke tempat ujian gue sekatar 20 menit dan gue harus sampe disana 30 menit sebelumnya. Jam 7 pagi, gue udah lemes di kasur nunggu sepupu gue yang nggak jempu-jemput juga. Gila ne bocah seneng banget bikin gue mati lemes. Temen-temen gue udah sibuk nanya kenapa gue belum dateng juga. Hua udah pengen nangis nih sambil guling-guling di pasir. Jam 7 lewat 15, akhirnya gue di jemput juga. Ngepot-ngepot gue ke tempat ujian. Make up gue dah luntur, poni gue yang gue catokin dari jam 4 pagi udah ngriting lagi, badan gue yang tadi mandi parfum sekarang udah bau debu. Yang jelas gue sampe disana dengan penampilan berantakan dan telat.
                Jam 8 kurang 15, gue masuk ke ruangan pendadaran. Sempet beberapa kali gue dibisikin “Nanti kalo ngomong yang keras ya”. Awalnya gue mikir juga kenapa harus keras-keras kalo ngomong. Masuklah gue ke ruangan yang lebih kecil dan mendengar percakapan.
“pagi pak, sudah makan? Saya bawain nasi kuning” ucap dosen pembimbing gue
“HA??Apanya yang kuning?” ulang pak prof
“NASI KUNING, PAK…NASI KUNING” dosen gue teriak-teriak.
                Masyallah, pantesan gue disuruh keras-keras kalo ngomong, ternyata pak prof sudah sepuh banget jadinya pendengarannya berkurang. Dan beneran, pas gue presentasi, gue udah mirip seles salep yang marah-marah di pasar, serba teriak-teriak. But yah alhamdulilah yah setelah 2 jam gue dieksekuisi, gue dapet nilai A.

Komentar

  1. nad,
    sumpah gokil abis blogmu, bkin ketawa2 sediri kalo baca
    eh btw aku boleh ikutan baca kan ya?boleh ya?
    udah nyandu nunggu2 tulisanmu terus nih
    keep writing ya nad!

    BalasHapus
  2. hahaha...makasih ya pus..udah mau komen dan menjadi memberku..halah..haahah
    iya boleh kok...baca aja...
    ehhehe
    thx y
    gbu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur