Gue, bule Turki dan bahasa inggris kacau gue

                Oke, permasalahan gue sepanjang idup gue adalah nggak bisa bahasa inggris dengan baik dan benar. Dari SD, SMP ampe SMA gue selalu ikut les bahasa inggris. Hasilnya?? Toefl gue nggak ampe 400 cui.. dan buat mengetik dan berbicara dengan bahasa inggris gue keliatan kayak kumur-kumur. Inti cerita, yang namanya bahasa inggris itu hal yang menakutkan dan paling gue takutkan…mungkin kalo gue mendadak gue masuk tipi ikut acara Happy Family Me Vs Mom…nyokap gue cukup deh nakutin dengan kosa kata bahasa inggris, gue jamin gue bakal kabur dan jerit-jerit nangis-nangis sambil ngambek.
                Usaha gue buat belajar bahasa Inggris itu udah gue lakukan, mulai membiasakan diri SMS ke Alfa dengan bahasa Inggris, ngedengerin lagu barat, nonton film barat dengan text bahasa Inggris, membaca lirik bahasa Inggris sampe chating ama bule di antah berantah. Hasilnya???masih saja kacau banget.
                Gue pernah punya pengalaman punya temen chating namanya Maar. Dia ini tinggal di Turki tapi orang Arab. Gue ama Maar kira-kira dah temenan di YM dah 4 tahun, gue nggak tau juga gimana awal ceritanya, yang jelas dia udah jadi friend gue di YM. Kadang kami kalo punya waktu suka chatingan. Jangan pikir gue hebat, karna gue bisa chatingan sampe 5 jam ama dia. Jujur kami berdua adalah orang yang bahasa Inggrisnya kacau, jadi berjam-jam kami chating tak lebih karena kami nggak paham 1 sama lain.
                Suatu ketika, si Maar ngechat gue, ngucapin selamat lebaran. (gue ceritaiin versi Indonesia aja ya)..Terus gue juga ngucapin hal yang sama, terus mendadak kami terlibat percakapan geje (ga jelas) dan kami pun saling share tentang gimana situasi lebaran di negara masing-masing. Terus mendadak dia cerita kalo disana lebaran selalu memakai baju tradisional dan makan suatu makanan (lupa). Terus mendadak dia nanya ke gue, tentang baju apa yang gue pake buat lebaran. Nah..lho gue bingung. Gimana gue jelasinnya dengan kosakata bahasa inggris gue yang minim ini. Masa iya gue bilang kalo lebaran biasanya pake baju kaftan Syahrini (iya kalo dia kenal Syahrini) dan memakai jilbab ala Marshanda???gue yakin dia nggak ngerti pasti…dan atau gue bilang “wear koko clothes”(pake baju koko) entar dia nanya lagi siapa itu si koko…gue mendadak galau…gimana cara jawabnya.
                Setelah gue mikir, gue baru inget Indonesia punya 3 kebiasaan pas lebaran :makan opor ma ketupat, pake baju baru dan mudik. Oke dan gue pun dengan cemerlanglah menjawab “I wear new clothes” sukses…si Maar diem dan nggak nanya lagi, gue nggak tau dia paham atau kagak..hahah
                Setelah pembicaraan tentang lebaran, gue dan dia pun cerita panjang lebar tentang Indonesia. Ternyata dia sudah pernah beberapa kali ke Indonesia. Terus gue pun penasaran tentang kemana aja dia di Indonesia. Trus dia bercerita kalo dia pernah ke somatra, bondengg, surabaja. Gue bingung, gue mikir. Apakah semua kota di Indonesia tercinta ini kalo di luar negri menjadi somatra, bondeng (alias bandung) dan surabaja??gue ga tau juga…
                Nah disinilah percakapan kami mulai random dan kacau. Gue ngomong apa dia jawab apa. Yang nyaris bikin gue nangis darah. Ya masa iya, gue yang antusias nanya masalah kalo dia naek apaan dan sama siapa ke Indonesia, eh dia malah cerita tentang temen dia yang pinter banget bikin nasi ala Arab (gue nggak tau nasi apaan) trus dia ngirimin gue foto. Setelah gue buka, okee ternyata dia ngasih foto nasi Arab yang dengan indahnya berada di (seperti) baskom gede aluminium dengan 2 cabe besar diatas nasi itu. Oke gue berusaha memaklumin. Gue pun bertanya lagi tentang masalah kalo jalan-jalan pake guide atau pake peta, dan coba tebak apa yang dia jawab???dia lagi-lagi ngirimin tuh gambar nasi Arab..Heloo apa sih uniknya ni nasi kok dari tadi dia promosiin mulu..sumpah gue nangis darah, trus dia asik cerita tentang temennya yang ahli masak nasi Arab dan cerita tentang nasi Arab lagi.. kali ini gue nggak tau mau gimana…ada deh dia cerita selama 1 jam, gue Cuma bisa jawab “okay” berkali-kali dan sampe akhirnya dia sadar kalo kayaknya gue kagak demen kalo dia cerita tentang temennya dan tentang nasi Arabnya.
               
NB: Sekarang gue ama Maar masih temenan di YM walaupun dengan bahasa yang nggak gue pahami (kadang-kadang)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur