Curcol Ngelamar Kerja di Tempat Kecantikan



             
 




Ini cerita tentang pengalaman gue waktu gue nyari kerja setelah gue lulus kuliah. Berhubung dalam fase ini adalah fase dimana gue bimbang buat lanjut kuliah lagi atau langsung kerja, kerja pun gue masih bingung mau di bidang konstruksi seperti jurusan gue atau ke bidang lain yang lebih gue sukai..gue bimbang. Jujur gue Cuma punya kepedean agak tinggi dalam melamar kerja karna sudah bermodalkan ijasah yang nampangin foto gue dengan mesem andalan. Tapi permasalahan yang lain adalah sedikitnya lowongan pekerjaan di wilayah jogja (gue masih takut buat kerja di ibu kota..takut diculik man…) sedangkan jumlah lulusan sarjana yang begitu membahana paripurna…jadi semakin ketatlah bersaing di kota jogja…seketat baju gue sekarang…fuih…Pernah sih beberapa kali gue memberanikan diri buat ikut tes-tes kerja yang bergerak di bidang konstruksi dan tambang, tapi mentok-mentoknya gue Cuma sampai sesi psikotes dan selanjutnya gagal.
                Disitu titik dimana gue sangat-sangat sadar kalo mencari pekerjaan nggak segampang mbuka kulit kuaci..sumpah susah banget dan perlu konsentrasi dan tingkat kefokusan tinggi (menurut gue sih). Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan gue yang cenderung nyari pekerja laki-laki. Sempet sih gue mikir buat operasi ganti kelamin atau memakai pisang sebagai penonjol, tapi rasanya nggak efektif dan malah entar gue dikira sakit jiwa. Dan akhirnya gue banting setir, banting tipi banting radio. AHA….gue bakal ngelamar di perusahaan yang bukan bidang gue…sapa tau disitu rejeki gue..
                Pucuk di cina ulat pun tiba, mendadak salah seorang temen gue ngajak gue melamar Brach manager di sebuah tempat perawatan kecantikan terkenal di Indonesia, dan kebetulan juga tuh kantornya deket ama kost-an gue. Berhubung gue temen yang baik gue pun ikut ngelamar aja, sapa tau gue jodoh ama tempat itu.
                Seminggu, dua minggu kagak pernah ada kabar dari tuh tempat kecantikan, dan yang ada gue Cuma jadi bahan tertawaan temen-temen gue karna dengan modal tampang kayak gue ngelamar di tempat itu…
                Sebulan kemudian, mendadak gue di sms untuk interview dan masalahnya gue lagi sakit yang nggak memungkinkan gue buat dateng di interview itu, alhasil gue harus melewatkan interview itu. Nyesel banget sih, tapi apa boleh buat, gue Cuma sibuk mensugesti diri “kalo mungkin itu bukan jodoh gue” (kayak masalah cowok aja…hoho)..dan gue sadar kalo setiap hidup harus punya pilihan.
                Eh kayaknya Tuhan mendengar penyesalan gue deh, pas sore mendadak gue di telpon langsung oleh owner tempat perawatan kecantikan itu, dan beliau sangat menyayangkan ketidakhadiran gue di interview di siang itu, lalu beliau pun menawari gue di posisi lain yaitu CS…gue sempet kaget, dalam hati setengah kaget, masa iya si bapak nyuruh gue jadi CS (gue kira cleaning service) tapi setelah gue mencerna omongan bapak itu, gue paham lah kalo yang dimaksud CS adalah Customer Service..alhamdulilah yah..dan beliau menyuruh gue dateng interview besok pagi.
                Hari H interview, jam 8 pagi. Berhubung gue nggak bisa mengendarai kendaraan dan berhubung kantornya yang mungkin 600 meter dari kos gue, maka gue memutuskan untuk jalan kaki. Gue dandan seadanya cukup dengan maskara dan bedak menggunakan kemeja dan jins biasa yang biasanya gue pake ke kampus. Ternyata di luar perkiraan, jam 8 pagi adalah jam matahari pagi, sumpah gerah banget jalan jam segitu di tengah jalan raya. Sumpah kemeja gue basah dengan keringat gue, rambut catokan gue udah bubar jalan karna kena basahnya keringat gue, ketek gue basah, bedak di ketek gue dah luntur (maklum lagi kehabisan deodorant)
                Sampailah gue di kantor itu entah dengan tampang apa. Disitu sudah ada 4 cewek lain yang mau interview juga bareng gue. Gue duduk nunduk, karna nggak pede dengan tampang gue yang amburadul, sesekali gue ngamatin 4 cewek itu, masyallah tingkat kepedean gue mendadak jatuh merosot keluar grafik deh, mereka cantik-cantik, mulus tanpa jerawat dan dandan..sedangkan gue??oke nggak usah dibayangkan tampang gue waktu itu..yang jelas bikin gue down abis dan ngerasa terjebak di situasi yang kagak gue banget, gue Cuma punya pikiran buat cepet-cepet nyari kardus buat nutup muka gue… L
                 Belum sampai disitu aja pengujian iman gue. Waktu lagi nunggu interview, 2 cewek samping gue saling nanya “lo pake lipstik apa?? Bedak lo apaan ?biasanya lo pake sabun cuci muka apaa?” MAMPUS lo, pembicaraan yang CEWEK banget nih, jujur gue nggak nyambung nih.  Mendadak salah satu cewek bertanya ke gue “ Lo biasa cuci muka pake sabun apaan?” MAMPUS DAAAh,,,gile gue mau jawab apaan, gue Cuma cengar cengir. Nggak mungkin gue jujur  kalo gue biasanya cuci muka pake pepsodent, bisa mati stroke  tuh cewek ngetawain gue (terlalu hebat tertawa hingga terjadi penyumbatan syaraf di otak lalu pecah..hiii). Atau gue boong aja, tapi boong apaan dong, gue kan nggak tau merk-merk gituan. Masa gue jawah “ah Cuma pake syampoo” bisa dia mbentur-mbenturin ke tembok tuh cewek karna dikira gue lagi ngelawak. Tapi syukurlah akhirnya giliran gue yang interview, jadinya gue punya alasan buat nggak ngejawab pertanyaan itu.
                Dan jadillah hari itu hari ter random di hidup gue. Pulang dari interview pun gue langsung langsung belanja makanan banyak banget sebagai ungkapan buang sial gue. Tentang hasil interview??nggak usah ditanya lagi..jelas gue nggak keterima, karna mana ada CS tempat perawatan kecantikan yang mukannya jerawatan kayak gue, bisa nggak yakin tuh customer yang mau perawatan disitu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Curhatan Mahasiswi Teknik Sipil

DONGENG : Timun Suri

Corona Mengajarkan untuk Bersyukur